Friday, April 19, 2024
HomeUjicoba Senjata Atom, AS Jatuhkan Dua Rudal Nuklir Kosong

Ujicoba Senjata Atom, AS Jatuhkan Dua Rudal Nuklir Kosong

Hobbymiliter.com – Sepasang pesawat pengebom B-2 milik US Air Force menjatuhkan dua buah rudal nuklir kosong seberat 300 kilogram di tengah-tengah gurun Nevada beberapa hari silam. Kini, Pentagon membeberkan maksud dibalik aksi tersebut.

Menurut terbitan pers yang dikeluarkan oleh Departmen Energi AS pada 6 Oktober kemarin, ujicoba yang dilangsungkan “awal bulan ini” mengikutsertakan dua varian purwarupa bom nuklir B61. B61 sendiri adalah jenis bom nuklir yang sudah ada di gudang senjata atom AS sejak tahun 1960-an. Salah satunya dijuluki sebagai “earth penetrator” karena mampu menyerang target bawah tanah. Sementara rudal yang satunya lagi adalah versi B61 taktis. Keduanya tidak mengandung hulu ledak.

BACA JUGA :  Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25

“Tujuan utama dari ujicoba penerbangan tersebut adalah untuk mengumpulkan data kinerja, ketepatan, dan kehandalan dibawah kondisi yang dapat mewakili situasi operasi sebenarnya,” tulis pernyataan yang dikeluarkan oleh National Nuclear Security Administration, badan Departemen Energi AS yang membidangi ujicoba serupa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1177

Pemandangan kokpit dari team aerobatik Rusia

0
HobbyMiliter.com - Mungkin video ini bisa menginspirasi anda, bagaimana bangganya menjadi seorang pilot pesawat tempur profesional yang mampu bermanuver sedemikian indahnya, terbang meliuk-liuk dengan...

Recent Comments