Thursday, January 20, 2022
HomeAkhir Pengabdian Kapal Angkut Tank Era Perang Dunia 2 Milik TNI AL

Akhir Pengabdian Kapal Angkut Tank Era Perang Dunia 2 Milik TNI AL

HobbyMiliter.com – Sebuah foto yang beredar di media sosial menunjukkan sebuah kapal Landing Ship Tank atau kapal Angkut Tank milik TNI AL yang sudah dihapus nomor labungnya sedang menunggu giliran untuk dipotong dan dijadikan besi tua. Ya, besi tua, kapal tersebut memang tak lagi muda, telah menjadi saksi sejarah operasi Overlord di Normandia atau dikenal sebagai D-Day, hingga terjun dalam berbagai palagan pertempuran paska kemerdekaan Indonesia. Kapal Landing Ship Tank atau LST kelas Teluk Langsa tentu dapat disebut kapal yang banyak berjasa pada pihak sekutu maupun pihak Indonesia.

BACA JUGA :  Diancam Arab Saudi, Obama Tolak Sahkan Undang-Undang Korban 11 September

KRI Teluk Langsa 501 merupakan unit LST warisan era Perang Dunia 2. Disebut asalnya sebagai LST 542 Class, kapal ini telah bertugas selama lebih dari 5 dekade dalam jajaran TNI AL. Sebenarnya ada beberapa kapal yang terlihat di pemotongan besi di Jalan Cilincing Kelapa Dua, Gang Belah Kapal I, Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara. Kapal – kapal tersebut yakni KRI Teluk Langsa 501, KRI Teluk Kao 504, dan KRI Teluk Tomini 508.

Pemerintah memang berencana untuk mem-pensiunkan kapal – kapal jadul tersebut. Rencananya, keseluruhan armada LST lawas milik TNI AL akan digantikan dengan kapal Angkut Tank produksi dalam negeri. Namun tidak ada kabar dari pemerintah untuk menjadikan salah satu dari kapal ini untuk menjadi monumen yang dapat dikenang perjalanan sejarahnya.

BACA JUGA :  Cegah Drone Korut Masuk Wilayahnya, Korsel Akan Kembangkan Senjata Laser Udara

Terima kasih, jasa mu sungguh besar dan tidak akan terlupakan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

59-rusia-tak-permasalahkan-penerjunan-rudal-icbm-tiongkok-ke-perbatasannya

Rusia Tak Permasalahkan Penerjunan Rudal ICBM Tiongkok di Perbatasannya

0
Hobbymiliter.com - Moskow tidak merasa terancam dengan adanya penempatan rudal balistik antar benua (ICBM) milik Tiongkok yang dipusatkan di dekat perbatasan Rusia. Demikian disampaikan...

Recent Comments