Friday, June 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterXi Jinping Buat Aturan Baru Perbolehkan Militer China Beroperasi Diluar Perbatasan

Xi Jinping Buat Aturan Baru Perbolehkan Militer China Beroperasi Diluar Perbatasan

Hobbymiliter.com – Xi Jinping Buat Aturan Baru Perbolehkan Militer China Beroperasi Diluar Perbatasan. Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping dikabarkan telah menandatangani aturan baru yang mengatur mengenai operasional aset – aset dan unsur – unsur kekuatan militer China khususnya Angkatan Laut Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army – Navy atau disingkat PLAN,Red). Penandatanganan aturan baru bagi militer China ini dilakukan ditengah memanasnya situasi di wilayah perairan Selat Taiwan setelah China pada minggu lalu menyatakan bahwa militernya berhak mempertahankan kedaulatan dan keamanan serta kepentingan nasional China di wilayah perairan Selat Taiwan yang mereka sebut sebagai wilayah kedaulatan mereka.

BACA JUGA :  Bupati Sintang Hibahkan 10 Hektare Tanah Untuk Skadron Serbu TNI

Global Times, media berbahasa Inggris yang dikendalikan oleh Partai Komunis China, memberitakan dalam sebuah artikel yang dirilis pada hari Senin, tanggal 13 Juni 2022 bahwa Xi Jinping telah menandatangani aturan yang memungkinkan pasukan militer China untuk “melakukan rangkaian operasi militer selain perang” bahkan diluar perbatasan China sekalipun. Aturan ini dikabarkan telah mulai diberlakukan pada hari Rabu, tanggal 15 Juni 2022. Rangkaian aturan ini, seperti disebut oleh Global Times, akan menjadi standar dan memberikan landasan hukum bagi pasukan militer China untuk melakukan berbagai misi operasi militer selain perang diantaranya pemulihan bencana, bantuan kemanusiaan, dan upaya-upaya lainnya yang dianggap perlu dilakukan untuk menjaga dan mengawal kepentingan nasional, keamanan dan kedaulatan nasional China.

BACA JUGA :  Lockheed Martin Siapkan Radar L Band Terbarunya Untuk Di Produksi

Beberapa analis hubungan internasional dan geopolitik dari beberapa negara menyebut bahwa upaya yang dilakukan oleh Chairman Xi, sebutan bagi Xi Jinping yang adalah juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komite Sentral Partai Komunis China, tersebut merupakan gestur yang mirip denga napa yang dilakukan oleh Vladimir Putin selaku pemimpin negara Russia dalam melakukan invasi terhadap wilayah Ukraina melalui kebijakan yang ia sebut sebagai “Operasi Militer Khusus” atau Special Military Operation.

Hadirnya aturan baru ini, dengan berkaca pada pengalaman dan kejadian – kejadian yang sebelumnya telah terjadi di wilayah Laut China Selatan, serta Selat Taiwan, tentu memberi sinyal khusus bagi negara – negara lain di sekitar kawasan tersebut untuk semakin bersiap – siap dalam menghadapi kemungkinan terburuk yakni penggunaan kekuatan militer untuk “merebut kembali dan menyatukan” Taiwan dengan China.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI I Gusti Ngurah Rai 332 progress

Update Progress Pengerjaan PKR 2, KRI I Gusti Ngurah Rai 332

0
Beberapa waktu lalu, PT. PAL Indonesia (Persero) dan TNI AL telah sukses melaksanakan uji kelayakan atau “sea trial” untuk KRI Raden Eddy Martadinata 331....

Recent Comments