Perancis Tampilkan Model Desain Frgate Multi-peran FTI Di Euronaval 2016

0
1736
Menhan Perancis tampilkan konsep frigate FTI
Menhan Perancis, Jean-Yves Le Drian, tampak pada foto bagian kanan, membuka penutup model konsep kapal Frigate kelas FTI di ajang Euronaval 2016. Sumber : defence-blog.com

HobbyMiliter.com – Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian memperkenalkan model skala dari desain kapal perang kelas Frigate multi-peran terbaru yang diberi nama FTI (Frégate de Taille Intermédiaire atau Mid-Size Frigate). Model ini ditampilkan pada acara eksibisi Euronaval 2016 di kota Paris, Perancis.

Angkatan Laut Perancis akan menerima kapal – kapal dari kelas FTI (Frégate de Taille Intermédiaire atau Mid-Size Frigate) tersebut mulai tahun 2023 dengan total pesanan 5 unit kapal.

Kapal – kapal tersebut akan tergabung dalam “15 unit kapal perang Frigate kelas pertama” yang dispesifikasikan pada Buku Putih Pertahanan Perancis yang terbaru. Kapal ini akan tergabung dalam daftar bersama kapal Frigate ringan kelas La-Fayette. Pemesanan sebanyak 5 unit telah dibukukan, dengan pengiriman unit pertama kepada Angkatan Laut Perancis dijadwalkan pada tahun 2023. Kemunculan kapal perang ini di prediksi sebagian besar pengamat militer “tidak se mengagumkan seperti” kapal perang Frigate multi-peran kelas FREMM atau Frigate pertahanan udara kelas Horizon.

Bagaimanapun, dengan bobot benaman di kisaran 4.000 ton – 2.000 ton dibawah kapal generasi pendahulunya yang rata rata memiliki bobot benaman 6.000 ton – kapal kelas FTI tersebut tetap dapat menjadi kapal Frigate kelas pertama yang cukup bertaring dalam menghadapi ancaman baru di lautan serta pertempuran yang kompleks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here