Thursday, March 28, 2024
HomePotong Birokrasi, US Navy Gunakan Pusat Komando di AS Untuk Awasi Laut...

Potong Birokrasi, US Navy Gunakan Pusat Komando di AS Untuk Awasi Laut Cina Selatan

Kapal-kapal US Navy yang tergabung dalam Surface Action Group (SAG). Sumber: Navaltoday.com
Kapal-kapal US Navy yang tergabung dalam Surface Action Group (SAG). Sumber: Navaltoday.com

Pasca misi USS Decatur pekan lalu, jurubicara Armada Ketiga US Navy Komandan Ryan Perry mengkonfirmasi adanya perubahan komando atas tiga unit kapal yang tergabung dalam satgas bertajuk Surface Action Group (SAG). Satgas tersebut pertama kali menjalankan tugas di Laut Cina Selatan enam bulan silam, dan selama ini menerima komando dari Armada Ketujuh US Navy yang bermarkas di Yokosuka, Jepang. Mulai pekan ini, komando akan diambil alih oleh Armada Ketiga yang bermarkas di San Diego.

Akhir tahun lalu, Komandan Armada Pasifik Amerika Serikat, Laksamana Scott Swift mengindikasikan bahwa organisasinya akan mencabut batasan birokrasi antara Armada Ketiga dan Ketujuh. Sebelumnya, kapal-kapal Armada Ketiga yang hendak melewati daerah jangkauan Armada Ketujuh harus meminta izin terlebih dahulu ke markas Yokosuka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ScreenShot308

Korea Utara Kembali Lakukan Uji Coba Rudal Balistik

0
HobbyMiliter.com – Setelah beberapa bulan lalu dikabarkan bahwa Korea Utara telah melakukan uji coba Rudal Balistik dari kapal selam miliknya -tepatnya di bulan Mei-, nampaknya beberapa...

Recent Comments