3 Pesawat Tempur Stealth Masa Depan Dari Negara Non Adidaya

    0
    288

    3 Pesawat Tempur Stealth Masa Depan Dari Negara Non Adidaya – HobbyMiliter.com – Selama ini proyek proyek pesawat tempur stealth merupakan makanan negara negara adidaya. Dimulai dari Amerika yang mengawali dengan pesawat tempur F-117A dengan teknologi stealth 70-an. Lalu F-22 yang dikembangkan di era 90-an dan mulai operasional awal 2000-an. Terakhir F-35 series yang menggunakan teknologi akhir 90-an dan awal 2000an dan baru saja mulai operasional.

    Kemudian juga Rusia yang walau tertatih tatih dalam dana, akhirnya melakukan uji operasional pada Sukhoi Su-57 nya setelah pengembangan penuh perjuangan selama 15 tahun. Itu pun nampaknya belum cukup dan masih banyak PR.

    BACA JUGA :  Rusia Uji Tembak Rudal Bastion Di Kutub Utara

    Terakhir China, yang dengan segala daya upaya tenaga dan dana bekerja keras menciptakan pesawat tempur J-31 dan J-20 yang konon menggunakan teknologi curian dari Amerika yang dikawinkan dengan mesin dan sistem avionik serta senjata kopian dari Rusia. Disajikan dengan bumbu asia oleh China.

    Geng Eropa sendiri, walaupun di masa lalu mempunyai industri pembuatan pesawat tempur yang mumpuni, hingga saat ini satu pun belum menelurkan barang jadi pesawat tempur stealth generasi ke lima. Hanya Inggris yang baru saja mau memulai pengembangan pesawat tempur stealth bernama Tempest.

    BACA JUGA :  Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51

    Namun, selain ke tiga negara diatas yang memang pengembangan pesawat tempur stealthnya sudah ada bentuknya, beberapa negara lain yang bukan termasuk dalam sebutan negara adidaya sebetulnya juga punya program pengembangan pesawat tempur stealth mandiri. Berikut listnya : (Bersambung ke halaman berikutnya)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here