Tuesday, March 19, 2024
HomeBlog MiliterPT-91M: Tonggak Awal MBT di Asia Tenggara

PT-91M: Tonggak Awal MBT di Asia Tenggara

HobbyMiliter.com – PT-91M: Tonggak Awal MBT di Asia Tenggara. Dalam kancah Main Battle Tank (MBT), kemampuan PT-91M Pendekar seperti kalah pamor dengan Leopard 2A4 yang saat ini dimiliki Singapura dan Indonesia. Walaupun kemampuannya masih kalah dibanding Leopard 2A4, tapi MBT milik Malaysia inilah yang menjadi tonggak awal MBT modern di wilayah Asia Tenggara.

PT-91M 1

Jika Leopard 2A4S milik Singapura tampil di tahun 2008, maka PT-91M Pendekar sudah dipesan sejak tahun 2003 (produksi tahun 2007 – 2009). Saat itu Malaysia tengah mencari MBT yang bisa bertahan pada struktur tanah dan medan di semenanjung Malaya, sehingga dibatasi beratnya tak lebih dari 50 ton. Dilihat dari beratnya, Leopard pasti telah tersingkir karena beratnya mencapai 60 ton.

1 COMMENT

  1. Harusnya Indonesia lebih memilih MBT buatan Rusia daripada Leopard 2 atau PT-91M. Pilihlah T-90S atau T-90SM buatan Rusia yang lebih canggih, lebih cepat, lebih bagus dan lebih kuat serta dapat diandalkan disegala medan, iklim dan cuaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kendaraan Tempur M113 Bantuan Australia Untuk Ukraina Berangkat

Kendaraan Tempur M113 Bantuan Australia Untuk Ukraina Berangkat

0
Hobbymiliter.com ­- Kendaraan Tempur M113 Bantuan Australia Untuk Ukraina Berangkat. Pemerintah Australia resmi memberangkatkan sebanyak empat unit kendaraan tempur pengangkut personel (Armoured Personnel Carrier...

Recent Comments