87-us-navy-gunakan-pusat-komando-di-as-untuk-awasi-laut-cina-selatan
Kapal-kapal US Navy yang tergabung dalam Surface Action Group (SAG). Sumber: Navaltoday.com

Hobbymiliter.com – Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) untuk pertama kalinya gunakan pusat komando di daratan Amerika Serikat dalam rangka menjalankan operasinya di Laut Cina Selatan. Hal ini merupakan bagian dari rencana AS untuk memperkuat kehadiran militernya di regional Asia Timur dan Tenggara.

Jumat (21 Oktober) pekan lalu, kapal perusak bermisil pemandu USS Decatur dilaporkan mendekat ke salah satu pulau yang dibangun oleh Tiongkok di Laut Cina Selatan. Menurut laporan dari Reuters yang mengutip sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, kapal tersebut menjalankan misi berdasarkan perintah dari Armada Ketiga US Navy yang bermarkas di San Diego, California.

Baca juga :   Tiongkok Luncurkan Rudal Di Pulau Sengketa Laut Cina Selatan

“Ini adalah kali pertama. Kami akan melakukan operasi serupa dalam tempo yang lebih rutin,” kata salah seorang sumber yang mengetahui tujuan dari reorganisasi birokrasi di tubuh US Navy.

Langkah tersebut akan memungkinkan Amerika Serikat untuk mengadakan beberapa misi sekaligus dari dua front di Asia, seperti halnya Semenanjung Korea dan Kepulauan Filipina.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here