Rudal Brahmos India Siap Diujicoba Pada Jet Tempur Sukhoi Su-30 MKI

0
1178
90-ujicoba-rudal-brahmos-india-di-jet-tempur-sukhoi-su-30-mki
Rudal BrahMos. Sumber: Reuters

Hobbymiliter.com – Angkatan Udara India akan menjadi militer pertama yang akan menjajal rudal jelajah dengan kecepatan melebihi suara, pasca keberhasilan integrasi rudal Brahmos pada jet tempur Sukhoi Su-30 MKI.

Versi rudal udara-darat (air-to-ground) dari teknologi peluru kendali hasil kerjasama India dan Rusia tersebut akan menjalani ujicoba peluncuran langsung, tepatnya pada Februari mendatang. Rudal seberat 2,5 ton persegi akan dipasang di salah satu jet tempur Su-30 MKI milik AU India (IAF) yang sudah dimodifikasi sebelumnya.

India sendiri telah sukses mengadakan ujicoba persiapan menggunakan purwarupa kosong (dummy) sebanyak satu kali. Defense Research Laboratory India melaporkan bahwa mereka akan melangsungkan dua kali percobaan lagi sebelum benar-benar meluncurkan rudal aslinya.

BACA JUGA :  Arab Saudi Tolak Tawaran Pembelian Kapal Perang AS

Keberhasilan integrasi rudal Brahmos ke dalam sistem persenjataan Sukhoi Su-30 MKI menandai perubahan paradigma kekuatan di Angkatan Udara India, dan memungkinkannya menghancurkan fasilitas pertahanan musuh di daratan dari jarak dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here