Wednesday, March 27, 2024
HomeKP Orca 2, Kapal Patroli Pengawas Perikanan KKP

KP Orca 2, Kapal Patroli Pengawas Perikanan KKP

Kapal KP Orca 2 yang dibuat oleh galangan dalam negeri PT Daya radar Utama (DRU) ini memiliki panjang 60 meter, lebar 8,2 meter dan mampu memacu kecepatannya hingga 25 knot. Kementerian Kelautan dan Perikanan menganggarkan dana sekitar 58 juta dollar atau sekitar Rp764,313 miliar untuk pembangunan ke empat kapal patroli kelas Orca ini. Pembiayaan dilakukan oleh perbankan dalam negeri, yaitu oleh BNI 1946.

Diproyeksikan Kapal Patroli KP Orca 2 ini akan berpatroli di dalam ZEE Indonesia, mulai dari Laut Natuna, Laut China Selatan utara Natuna, dan ZEEI di Bagian Barat Indonesia Lainnya. Dengan adanya penambahan kekuatan patroli KKP ini, diharapkan tindak pidana ilegal fishing di lingkungan ZEEI akan semakin berkurang. KP Orca 2 ini termasuk salah satu armada pengawasan perikanan yang dilengkapi dengan Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIP). Sebelum adanya Kapal Patroli kelas Orca ini, kapal patroli KKP didominasi kapal kecil berukuran 28 an 38 meter.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

65-senjata-rusia-yang-memulai-debutnya-di-suriah-1

Senjata-senjata Canggih Rusia Yang Memulai Debutnya Di Suriah

0
Hobbymiliter.com - Secara tidak langsung, pihak Rusia dan koalisi pemerintah Bashar al-Assad di Suriah memenangi banyak perang di tahun 2016 ini. Berkat dukungan dari militan...

Recent Comments