Friday, April 26, 2024
HomeKP Orca 2, Kapal Patroli Pengawas Perikanan KKP

KP Orca 2, Kapal Patroli Pengawas Perikanan KKP

Dengan adanya kapal patroli berukuran 60 meter ini, petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mengawaki kapal KP Orca 2 ini tidak “keder” ketika berhadapan dengan armada kapal Coast Guard China yang sering memasuki wilayah ZEE Indonesia untuk mengawal armada nelayannya. Sebagai informasi, sebagian wilayah ZEE Indonesia disebelah utara pulau Natuna juga diklaim China sebagai Wilayah Pencarian Ikan Tradisionalnya (Traditional Fishing Zone). Beberapa insiden dengan Coast Guard China pun pernah beberapa kali terjadi. Begitu juga insiden hot pursuit disertai penembakan terhadap beberapa nelayan asing pelaku pencurian ikan yang menolak ditangkap walaupun sudah ditembak dengan senjata onboard kapal patroli kita.

BACA JUGA :  Inilah Komputer Super Anti-Hack Milik Militer Rusia

Kementerian Kelautan dan Perikanan sendiri menyatakan, penambahan ke empat kapal kelas Orca ini merupakan peningkatan kekuatan yang signifikan, karena merupakan kapal terbesar di armada patroli KKP. Namun diharapkan pada tahun tahun mendatang, armada KKP tetap dikembangkan hingga mencapai 100-an kapal untuk keperluan patroli dan perlindungan Sumber daya Alam Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Prinsip Demokrasi Pancasila di Negara Indonesia

Prinsip Demokrasi Pancasila di Negara Indonesia

0
Prinsip Demokrasi Pancasila di Negara Indonesia - HobbyMiliter.com - Kita semua tahu bahwa dasar negara Republik Indonesia adalah Pancasila dan juga UUD 1945. Sebelumnya Pancasila...

Recent Comments