Sunday, February 25, 2024
HomeKapal Induk Liaoning Tiongkok Siap Berlayar Menuju Lepas Pantai AS

Kapal Induk Liaoning Tiongkok Siap Berlayar Menuju Lepas Pantai AS

Kapal induk Liaoning. Sumber: Xinhua

“Kepentingan Tiongkok pada dasarnya (berada di) lepas pantai, namun jarak tempuh sebuah kapal induk harusnya bisa melampaui lepas pantai,” tulis tabloid tersebut. “(Kapal) tersebut harus memilliki kemampuan dan keberanian untuk berlayar lebih jauh. (Kapal) itu harusnya tidak hanya melewati rantai kepulauan pertama, namun juga melewati rantai kepulauan kedua, hingga menuju perairan yang belum pernah dijamah oleh armada kapal Tiongkok.”

“Cepat atau lambar, armada Tiongkok akan berlayar melewati Pasifik Timur. Jika suatu saat kapal induk Tiongkok muncul di lepas pantai Amerika Serikat, maka yang muncul adalah perdebatan alot soal hukum maritim,” tambah Global Times.

BACA JUGA :  Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

“Tiongkok memiliki satu kapal induk operasional, dimana kapal induk kedua sedang dalam masa konstruksi. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat diperkirakan akan memiliki regu tempur kapal induk dalam beberapa waktu mendatang untuk melindungi hak maritim dan kedaulatan wilayah Tiongkok,” ujar The People’s Daily sembari mengutip pernyataan pakar militer, Liang Fang.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

GDELS Tampilkan Tank Medium ASCOD MMBT Di Eurosatory 2018

GDELS Tampilkan Tank Medium ASCOD MMBT Di Eurosatory 2018

0
GDELS Tampilkan Tank Medium ASCOD MMBT Di Eurosatory 2018 - HobbyMiliter.com - Sebuah perusahaan industri pertahanan yang berbasis di Eropa, General Dynamics European Land System...

Recent Comments