Friday, September 17, 2021
HomeBlog MiliterChina Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9

China Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9

HobbyMiliter.com – China Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9. Angkatan Bersenjata China mulai mengoperasikan pesawat angkut Shaanxi Y9. Pesawat ini mulai dioperasikan oleh satuan aviasi Angkatan Darat China.

Sebelum menerima unit pertama pesawat angkut Shaanxi Y9 ini, kesatuan tersebut mengoperasikan pesawat Y5 dan Y7. Y5 merupakan versi lisensi dari Antonov An2. Sedangkan Y7 merupakan pesawat angkut produksi Xian Aircraft Industrial Corporation. Kedua pesawat tersebut diatas merupakan pesawat angkut ringan yang memiliki daya angkut yang rendah. Dengan hadirnya unit pesawat Shaanxi Y9 ini, dapat meningkatkan kemampuan angkut atau daya angkut serta jarak operasional dari kesatuan aviasi Angkatan Darat China.

BACA JUGA :  Yunani Terima Helikopter Angkut Berat CH-47 Chinook

Shaanxi Y9 merupakan pesawat angkut kelas medium. Platform ini dibuat sebagai model pengembangan dari Shaanxi Y8F yang merupakan versi produksi China dari Antonov An12 yang merupakan pesawat angkut kelas medium pada era Uni Sovyet.

Shaanxi Y9 dibuat oleh perusahaan Shaanxi Aircraft Company. Sebagai pesawat hasil pengembangan, tentu Y9 memiliki perbedaan dengan predesesor nya, Y8F. Perbedaan menonjol yang tampak pada Y9 ini terletak pada daya angkut dan jarak jangkau operasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua