Thursday, March 28, 2024
HomeBlog MiliterKonflik THAAD, Jet Tempur Tiongkok Masuki Zona Pertahanan Udara Korsel

Konflik THAAD, Jet Tempur Tiongkok Masuki Zona Pertahanan Udara Korsel

Garis di sepanjang Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korsel yang dilanggar oleh regu jet tempur Tiongkok. Sumber: Yonhap

“(Tiongkok) menjawab bahwa (tindakan) tersebut dilakukan untuk tujuan latihan,” ujar salah seorang pejabat Kepala Staf Gabungan Korsel yang tidak ingin disebutkan namanya. “Kami meyakini bahwa mereka memiliki tujuan berbeda setiap kali (masuk ke zona udara Korsel). Untuk mengetahui maksud mereka kali ini, kami butuh analisa lebih lanjut.”

Pada saat pertemuan tanggal 4 Januari bersama anggota oposisi parlemen Korsel di Beijing, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengutuk keputusan pemerintah Korsel karena setuju untuk memasang THAAD. Yi mengancam jika Seoul ingin melanjutkan kerjasama dengan Tiongkok, maka proses pemasangan sistem anti rudal milik Washington tersebut harus “ditunda dan dibekukan.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

32-india-usir-wartawan-media-pemerintah-tiongkok-xinhua

India Usir Wartawan Media Pemerintah Tiongkok, Beijing Geram

2
Hobbymiliter.com - India resmi menolak perpanjangan visa kelompok wartawan dari kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua. Demikian disampaikan sumber dari pemerintah India yang menyebut wartawan...

Recent Comments