Wednesday, June 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Food Gathering dan Karakteristik Masa Food Gathering

Pengertian Food Gathering dan Karakteristik Masa Food Gathering

Pengertian Food Gathering dan Karakteristik Masa Food Gathering – HobbyMiliter.com – Mungkin Anda sudah mendengar atau membaca tentang manusia purba? Menurut sejarah yang ada, memang nenek moyang Kita berasal dari manusia purba yang terus mengalami proses evolusi sehingga mencapai bentuk sempurna seperti manusia sekarang ini.
Dalam rekam jejak sejarah tersebut tertulis bahwa manusia dapat beraktifitas dan berkembang sesuai dengan masanya. Oleh karena itu, ada beberapa masa yang sangat erat kaitannya dengan manusia purba, salah satunya adalah Masa Food Gathering.

BACA JUGA :  Kisah F-4 Phantom vs MiG-21 di Perang Vietnam

Pengertian Food Gathering

Secara etimologi, Food Gathering berasal dari Bahasa Inggris yaitu Food dan Gathering. Food artinya makanan dan Gathering artinya mengumpulkan. Jadi secara Bahasa Pengertian Food Gathering itu bisa bermakna mengumpulkan makanan.

Sedangkan secara terminilogi atau istilah, Food Gathering merupakan sebuah metode bertahan hidup pada masa Manusia Purba dengan cara berburu, mengumpulkan dan meramu bahan makanan yang masih mentah.

Aktifitas perburuan dilakukan oleh kaum pria, sedangkan kaum wanita bertugas untuk mengumpulkan dan meramu bahan makanan sebagai hasil dari perbuaruan. Masa ini diperkiraan terjadi pada Zaman Paleolitikum atau zaman batu tua dan Zaman Mesolitikum atau zaman batu pertengahan.

BACA JUGA :  Sejarah Ibu kota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan

Sesuai dengan namanya, yaitu zaman batu tua; maka peralatan yang digunakan untuk berburu makanan pun sangatlah sederhana yaitu berupa batu-batu alam. Manusia Purba pada saat ini belum mengenal bercocok tanam sehingga mereka berbondong-bondong untuk terus mencari dan mengumpulkan makanan yang tersedia di alam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Recent Comments