PAR 1
HobbyMiliter.com – Mengenal Senapan Serbu PAR MK3. Kenal dengan senapan anti material NTW-20 yang dipakai oleh Taifib Korps Marinir? Salah satu kelebihan senjata itu adalah bisa menggunakan peluru multi kaliber hanya dengan mengganti larasnya, sehingga membuatnya mampu mengusung kaliber NATO (20 mm) hingga kaliber Rusia (14,5 mm). Berpatokan pada hal itulah senapan serbu PAR MK3 pabrikan Proarms Armory mengusung sistem multi calibre assault rifle.

Hanya dengan mengubah larasnya, senapan serbu yang berstandart senapan AR15 ini mampu mengusung amunisi kaliber 5,45 × 39 mm, 5,56 x 45 mm, 6,8 mm Rem SPC, 7,62 x 39 mm, hingga 9 mm Luger. Untuk membongkarnya pun bisa dilakukan sepenuhnya tanpa menggunakan alat khusus. Tanpa mengganti receiver, laras bisa dirubah menyesuaikan amunisi yang akan digunakan. Tiap mengganti kaliber amunisi, gunner hanya perlu adjustable gas block (empat posisi).

Baca juga :   CornerShot: Senjata Andalan dari Balik Tembok

Berdasarkan sistem senapan serbu terkini, tiap larasnya dilengkapi dengan picatinny rail diatas serta kanan-kiri laras, membuat senapan serbu ini sangat mudah untuk dipasangkan dengan berbagai macam aksesoris. Mengnai aksesoris, PAR MK3 sangat compatible dengan seluruh aksesoris dari senapan karabin M4 dan AR15. Apabila dilihat dari rancangan receiver, maka hampir mirip dengan varian M16, terutama penutup lubang untuk mengeluarkan selongsong peluru.

Senjata semi otomatis yang menggunakan sistem piston ini terbuat dari bahan high quality 7075T6 aluminum alloy. Sedangkan magasinnya terdiri dari banyak pilihan yaitu memuat 5/10/20 atau bahkan 30 peluru. Berat dari PAR MK3 standartnya 3,4 kg, tapi bobotnya juga dipengaruhi oleh jenis laras yang digunakan. Untuk mendukung kenyamanan gunner, PAR MK3 dilengkapi dengan popor telescopic beserta fixation, memiliki enam konfigurasi untuk memposisikan sudut ergonomis bagi penembak. Disamping itu grip atau pegangan senapan mengusung sistem ergonomic beaver tail serta system bidik menggunakan Back-up, folding MBUS type.

Baca juga :   Muzzelite Bullpup Converter - Ruger Mini 14 Rifle Polda Kepri

Hingga saat ini PAR MK3 masih belum dicicipi oleh satuan TNI, tapi ada berita kalau senapan serbu ini akan dipromosikan kepada beberapa satuan TNI

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA