Thursday, March 28, 2024
HomeBlog MiliterPertahanan Udara LY-80 Andalan Pakistan dan Cina

Pertahanan Udara LY-80 Andalan Pakistan dan Cina

HobbyMiliter.com – Pertahanan Udara LY-80 Andalan Pakistan dan Cina. Walupun memiliki sistem perizinan dan pengawasan yang sangat ketat, perusahaan pertahanan Cina menerima dukungan penuh dari pemerintahnya. Contohnya saja pada pengembangan rudal pertahanan udara berjarak sedang, saat Norinco (North Industries Corporation) mempromosikan sistem Sky Dragon 50, lalu China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) juga ikut mempromosikan sistem hanud yang hampir sama, yaitu LY-80 (varian HQ-16 Medium Air to Surface Missile). Dan menariknya lagi, LY-80 ternyata mampu menarik perhatian Detasemen Hanud (Denhanud) Paskhas untuk memperkuat medium air defence (Menad).
LY 2

Jika Sky Dragon 50 berhasil terekspor ke Rwanda, lalu LY-80 mendapat kepercayaan sebagai pertahanan udara untuk AD Pakistan. Sebanyak Tiga baterai LY-80 seharga US$226 juta telah diterima oleh Pakistan. Masih ada tambahan juga yaitu 8 unit radar surveillance IBIS-150 untuk mendukung LY-80 tersebut.

BACA JUGA :  HMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya

Meskipun hasil produksi Cina, tetapi system keseluruhan seperti ‘beraroma’ Rusia. Varian dari LY-80, yaitu HQ-16 berbasiskan pada platform rudal hanud milik Rusia. HQ-16A mengadopsi rancangan dari rudal Buk-M1 (SA-11 Gadfly) serta Buk-2M (SA-17 Grizzly). Disamping didesain untuk ditembakkan pada platform darat, rudal ini juga bisa diatur untuk ditembakkan dari kapal perang. Disamping itu model Rusia juga jelas terlihat dari sistem peluncuran VLS (Vertical Launch System) yang sering digunakan Uni Soviet pada mas Perang Dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

50-arab-saudi-kebangkitan-tiongkok-adalah-sumber-stabilitas-dunia

Arab Saudi: Kebangkitan Tiongkok Adalah Sumber Kestabilan Dunia

0
Hobbymiliter.com - Kebangkitan Tiongkok akan menjadi sumber stabilitas global dan bukannya konflik. Demikian disampaikan oleh Arab Saudi dalam Forum Ekonomi Dunia yang digelar di...

Recent Comments