Friday, September 18, 2020
Home Blog Militer Kelangkaan Suku Cadang Menjadi Masalah Pesawat Tempur Masa Depan

Kelangkaan Suku Cadang Menjadi Masalah Pesawat Tempur Masa Depan

Program penggabungan pesawat tempur masa depan yaitu F35 kini sedang dihadapkan dengan permasalahan suku cadang. Jika sebuah pesawat dikarenakan sudah tua atau karena terkena embargo mengalami kelangkaan suku cadang mungkin hal tersebut masih bisa dimaklumi. Jika kita menengok sekilas pesawat tempur sekelas F35 menghadapi masalah tersebut, maka apa kata dunia?

Pesawat Tempur F35

F35 bisa dikatakan mempunyai kesiapan 78% karena selama delapan bulan periode bulan Januari hingga Agustus, pesawat ini mengalami gagal terbang sebanyak 22% yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling fatal dikarenakan langkanya suku cadang, meskipun masalah ini sudah disuarakan sudah cukup lama namun dibantah oleh Dephan AS.

BACA JUGA :  Swiss Wakili Hubungan Diplomasi Antara Arab Saudi dan Iran

(Government Accounting Office) atau Badan Pemeriksa Keuangan AS mengungkapkan bahwa masalah ini merupakan masalah kronis, karena dengan kelangkaan suku cadang maka dapat berdampak pada kesiapanan Departemen Pertahanan.

F35 Pesawat Tempur

Pesawat tempur F35 menggunakan sistem pendukung serta manajemen logistik berbasis perangkat lunak yang disebut ALIS (Autonomous Logistics Information System). Namun sayang sistem perangkat lunak ini juga tidak mendapatkan pendanaan yang cukup baik karena alasan penghematan biaya.

Seharusnya ALIS bukan hanya menghubungkan kebutuhan dari AL, AU dan Korps Marinir AS, namun juga dari negara pengguna serta pembeli pesawat tempur F35 ini. Sehingga ALIS akan menghubungkan stok komponen yang dimilikinya dan dipesan oleh depot di seluruh dunia. Tapa pada kenyataannya (Autonomous Logistics Information System) terhadang oleh masalah sistem keamanannya serta masalah pembiayaannya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua