Friday, June 24, 2022
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaMenolak Pensiun, MiG-21 Lancer AU Rumania Kembali Terbang

Menolak Pensiun, MiG-21 Lancer AU Rumania Kembali Terbang

Menolak Pensiun, MiG-21 Lancer AU Rumania Kembali Terbang – Hobbymiliter.comPemerintah Rumania mengumumkan bahwa Angkatan Udara mereka akan kembali menerbangkan pesawat jet tempur MiG-21 Lancer yang mereka miliki, setelah sebelumnya sempat menyatakan bahwa armada jet tempur MiG-21 mereka resmi pensiun pada bulan April 2022 lalu. Langkah ini diambil mengingat kondisi genting yang saat ini dihadapi oleh Rumania bahwa invasi militer Russia terhadap Ukraina bisa melebar kapan saja ke wilayah kedaulatan Rumania dan juga fakta bahwa proses konversi pilot – pilot Angkatan Udara Rumania untuk menerbangkan pesawat jet tempur F-16 AM/BM sepertinya berjalan dengan lambat dan masih sedikitnya pesawat jet tempur F-16 yang tersedia di layanan dinas Angkatan Udara Rumania saat ini. Rencananya, armada pesawat jet tempur MiG-21 Lancer milik AU Rumania akan kembali terbang selama satu tahun kedepan, dan diperkirakan pada tahun 2023 unit-unit pesawat jet tempur lawas milik AU Rumania tersebut akan sepenuhnya dipensiunkan.

BACA JUGA :  Dogfight Su-27 vs MiG-29 Dalam Perang Sungguhan

Keputusan untuk kembali menerbangkan MiG-21 Lancer dibuat oleh Dewan Pertahanan Rumania dengan mengupayakan unit-unit pesawat jet tempur tersebut untuk dapat melakukan penerbangan patroli udara guna mendukung kebijakan Air Policy untuk wilayah udara kedaulatan Rumania selama satu tahun kedepan. Setidaknya, Rumania memiliki sebanyak 27 unit armada MiG-21 Lancer yang komposisi nya terdiri dari 19 unit varian Lancer-C yang merupakan varian pesawat je tempur khusus untuk misi pertahanan udara, dan 8 unit varian Lancer-B yang merupakan varian pesawat jet tempur kursi ganda untuk keperluan latih lanjut yang dilengkapi dengan kemampuan serang darat dan kemampuan peperangan udara-ke-udara terbatas.

BACA JUGA :  Angkasa Yudha 2016, Penampakan Sistem SHORAD Chiron Dan UAV Aerostar Pertama Dalam Latihan Tempur

MiG-21 Lancer milik AU Rumania, meski merupakan sebuah MiG-21 yang adalah pesawat jet tempur buatan Uni Soviet, tetapi perangkat avionik nya memiliki performa yang setara dengan pesawat jet tempur generasi ke-4. Berkat proses peningkatan kemampuan (Upgrade) yang dilakukan dengan bantuan Israel, MiG-21 Lancer milik AU Rumania mampu membawa unit radar pulse-doppler multi-mode yang lebih modern, penambahan mission computer, penambahan kemampuan untuk membawa pod pernika (peperangan elektonika) buatan Israel, serta kemampuan membawa dan menjatuhkan munisi bom berpandu presisi seperti laser-guided bomb. Sederet kemampuan ini dipadukan dengan perangkat sistem helmet mounted display (HMD), dengan kokpit modern yang dilengkapi perangkat multi-function display (MFD) menjadikan pesawat jet tempur ini masih dianggap layak untuk bersaing dengan jet – jet tempur lain milik negara-negara tetangga Rumania dalam menjaga wilayah udara kedaulatan Rumania.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Hawk 109 dan Hawk 209 TNI AU. Kredit Foto: Ipenk666/Ifan Triyanto.

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

3
HobbyMiliter.com - Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM. Kisah ini terjadi di awal Operasi Militer Terpadu di Aceh, 2003. Dikawal empat Hawk 200...

Recent Comments