USMC Persiapkan Operasional Skuadron F35B Diatas LHD
USMC Persiapkan Operasional Skuadron F35B Diatas LHD.Sumber : janes

HobbyMiliter.com – USMC Persiapkan Operasional Skuadron F35B Diatas LHD. Korps Marinir Amerika Serikat (United States Marine Corps) semakin giat mempersiapkan operasional pesawat – pesawat jet tempur generasi ke lima F35B diatas kapal serbu amfibi atau LHD (Landing Helicopter Dock). Persiapan semakin giat dilaksanakan menyusul mulai datangnya unit – unit jet tempur generasi ke lima tersebut keatas kapal serbu amfibi USS Wasp (LHD-1). Pesawat – pesawat jet tempur generasi ke lima tersebut mulai berdatangan dari homebase mereka di wilayah Jepang ketas dek landasan yang dimiliki oleh kapal serbu amfibi USS Wasp tersebut. Adapun unit – unit pesawat jet tempur yang datang tersebut merupakan bagian dari Skuadron Jet Tempur Marinir VFMA 121.

Baca juga :   Hadapi Sengketa Wilayah, India Berangkatkan 100 Tank T-72 Ke Perbatasan Tiongkok

Tidak disebutkan secara pasti berapa jumlah pesawat jet tempur yang kini telah ditempatkan diatas dek kapal serbu amfibi tersebut. Namun demikian dapat dilihat bahwa Korps Marinir AS semakin siap dan mulai dapat beradaptasi dengan kehadiran jet tempur generasi kelima tersebut. Kehadiran jet – jet tempur F35B tersebut tentu sangat menggembirakan bagi para pilot tempur Korps Marinir AS lantaran pesawat jet tempur ini akan menggantikan peranan pesawat jet tempur AV8B Harrier II yang telah dioperasikan oleh Korps Marinir AS sejak medio tahun 1980. Sama seperti pendahulunya, Harrier II, jet tempur F35B merupakan varian Short Take-Off and Vertical Landing atau STOVL yakni pesawat yang dapat lepas landas di landasan yang sangat pendek dan dapat mendarat secara vertikal layaknya sebuah helikopter. Kehadiran unsur skuadron F35B diatas dek kapal serbu amfibi milik AS, USS Wasp (LHD-1) membawa dampak signifikan dalam hal peningkatan kemampuan operasi amfibi jarak jauh dan penerapan taktik pertempuran serta interoperabilitas antar elemen pasukan Marinir AS mulai dari elemen darat, laut, hingga udara.

Baca juga :   Kapal Induk Beijing Akan Berpatroli Di Laut Cina Selatan

Saat ini, unit jet – jet tempur canggih asal AS tersebut telah bergabung dalam unit ekspedisi Marinir AS atau Marine Expeditionary Units (MEU) ke 31. Skuadron F35B tersebut memperkuat skuadron amfibi 11 yang membangun apa yang kita kenal dengan sebutan Wasp Amphibious Ready Group, semacam satuan tugas kapal induk namun untuk skala yang lebih kecil dan merupakan aset utama pasukan Korps Marinir AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here