Thursday, September 17, 2020
Home Berita Militer Berita Militer Dunia SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe

SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe

SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe – HobbyMiliter.com – SAAB, industri pertahanan asal Swedia baru – baru ini meluncurkan fitur baru untuk memperkuat radar maritim Sea Giraffe yang merupakan produk andalan mereka di lini radar maritim militer.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan kemarin, tanggal 23 Oktober 2018, SAAB menyatakan bahwa peluncuran fitur baru ini merupakan jawaban dari mereka atas meningkatnya level ancaman dari munisi atau peluru kendali yang bergerak dengan kecepatan supersonik tinggi bahkan ancaman dari munisi yang bergerak dengan kecepatan hipersonik. Fitur yang diluncurkan oleh SAAB ini yakni fitur HDM atau Hypersonic Detection Mode. Nantinya, fitur ini akan termasuk kedalam paket penawaran perangkat radar maritim militer Sea Giraffe.

BACA JUGA :  Rusia Kembangkan Jet Tempur Generasi Keenam dan Ketujuh, Sukhoi T-50 Siap Diproduksi

Dalam rilis resminya, SAAB menyebut fitur Hyper Detection Mode atau HDM tersebut merupakan peningkatan kapabilitas berbasis software atau perangkat lunak bagi radar Sea Giraffe yang ditawarkan SAAB kepada calon – calon pembeli potensial. Fitur HDM atau Hypersonic Detection Mode ini merupakan fitur khusus yang memampukan perangkat radar maritim militer Sea Giraffe tersebut melakukan deteksi dan pelacakan terhadap target atau ancaman potensial yang bergerak dalam kecepatan hipersonik.

Fitur ini merupakan solusi yang ditawarkan SAAB terhadap lingkungan operasi tempur yang semakin unik dengan hadirnya munisi peluru kendali berkecepatan hipersonik. Diharapkan dengan adanya fitur ini, dapat memberikan waktu lebih lama bagi elemen kapal perang dalam berupaya menangkal serangan rudal hipersonik tersebut sekaligus meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan akibat keterlambatan waktu deteksi terhadap target berkecepatan hipersonik.

BACA JUGA :  TNI POLRI Gunakan Skytrack untuk Pantau Daratan dari Udara

Rencananya, fitur ini akan mulai diperkenalkan dalam paket penawaran radar maritim militer untuk kapal perang Sea Giraffe tipe 4A Fixed Face, yang merupakan radar dengan konfigurasi antena yang fixed, tidak melakukan pemancaran gelombang radar dengan memutar antena seperti pada umumnya radar yang ada pada kapal perang pada umumnya.

Radar maritim militer Sea Giraffe 4A besutan SAAB merupakan radar maritim militer yang beroperasi pada lingkup frekuensi S-Band. Berjenis AESA, atau Active Electronically Scanned Array, radar ini juga termasuk dalam jenis radar 3D yang mampu memberikan informasi terkait jarak, titik koordinat, serta elevasi dari potensi ancaman yang terdeteksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua