Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali
Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali.Sumber : jane's

HobbyMiliter.com – Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali. Pemerintah Qatar melalui Kementerian Pertahanan nya mengumumkan dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Kamis tanggal 27 Desember 2018 waktu setempat bahwa mereka telah memutuskan untuk menghibahkan sebanyak 24 unit kendaraan tempur angkut personel atau Armoured Personnel Carrier (APC, red) Storm kepada Angkatan Bersenjata Mali. Sebanyak 24 unit kendaraan tempur Storm APC ini dikirimkan kepada Mali dengan menggunakan armada pesawat angkut berat C-17 Globemaster milik Angkatan Udara Qatar.

Rencananya, selain digunakan untuk operasional di wilayah Mali, unit – unit kendaraan tempur angkut personel tersebut rencananya juga akan digunakan di wilayah Burkina Faso, Chad, Mauritania, dan Nigeria. Pihak pemerintah Mali melalui Kementerian Pertahanan negara tersebut menyatakan bahwa keseluruhan 24 unit kendaraan tempur angkut personel tersebut diserahterimakan di bandara yang terletak di Bamako, ibukota Mali. Kendaraan tempur angkut personel tersebut rencananya secara spesifik akan digunakan untuk operasional pasukan militer Mali di wilayah – wilayah yang memiliki tingkat ancaman tinggi dari unsur bahan peledak ter-improvisasi atau Improvised Explosive Device (IED, red) dan area – area yang ditanami ranjau darat oleh kelompok milisi bersenjata.

Baca juga :   Tiongkok Resmi Kembangkan Antonov 225 Milik Ukraina Sebagai Peluncur Antariksa

Dibuat oleh sebuah perusahaan industri pertahanan dalam negeri Qatar, Stark Motors, kendaraan tempur angkut personel ini mengambil basis dari kendaraan Toyota Land Cruiser 79 yang ditenagai dengan mesin diesel V8 berkapasitas 4,5 liter, yang mampu memberi daya 195 tenaga kuda. Kendaraan angkut personel ini dapat mengangkut 7 hingga 9 orang pasukan, jika ditambah driver atau pengemudi, maka total personel yang dapat ditempatkan di dalam kendaraan ini menjadi 8 hingga 10 orang personel. Pada bagian atas kendaraan tempur tersebut, telah dilengkapi dengan dudukan yang dapat dipasangi senapan mesin atau peluncur granat otomatis atau Automatic Grenade Launcher (AGL).

Baca juga :   DSME Raih Kontrak Produksi Dua Frigate FFX II Baru Untuk AL Korsel

Hadirnya 24 unit kendaraan tempur angkut pasukan Storm APC ini akan semakin melengkapi armada kendaraan tempur yang dimiliki oleh Mali. Armada ranpur yang dimiliki oleh Angkatan Bersenjata Mali merupakan armada yang sangat bervariasi. Armada tersebut terdiri dari ranpur BTR-60 APC, ranpur intai BRDM-2, Arquus Bastion APC, serta ranpur Python dan Gladiator APC.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here