Friday, September 18, 2020
Home Berita Militer Berita Militer Dunia Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali

Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali

Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali – HobbyMiliter.com –  Pemerintah Qatar melalui Kementerian Pertahanan nya mengumumkan dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Kamis tanggal 27 Desember 2018 waktu setempat bahwa mereka telah memutuskan untuk menghibahkan sebanyak 24 unit kendaraan tempur angkut personel atau Armoured Personnel Carrier (APC, red) Storm kepada Angkatan Bersenjata Mali. Sebanyak 24 unit kendaraan tempur Storm APC ini dikirimkan kepada Mali dengan menggunakan armada pesawat angkut berat C-17 Globemaster milik Angkatan Udara Qatar.

Rencananya, selain digunakan untuk operasional di wilayah Mali, unit – unit kendaraan tempur angkut personel tersebut rencananya juga akan digunakan di wilayah Burkina Faso, Chad, Mauritania, dan Nigeria. Pihak pemerintah Mali melalui Kementerian Pertahanan negara tersebut menyatakan bahwa keseluruhan 24 unit kendaraan tempur angkut personel tersebut diserahterimakan di bandara yang terletak di Bamako, ibukota Mali.

BACA JUGA :  Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Kendaraan tempur angkut personel tersebut rencananya secara spesifik akan digunakan untuk operasional pasukan militer Mali di wilayah – wilayah yang memiliki tingkat ancaman tinggi dari unsur bahan peledak ter-improvisasi atau Improvised Explosive Device (IED, red) dan area – area yang ditanami ranjau darat oleh kelompok milisi bersenjata.

Dibuat oleh sebuah perusahaan industri pertahanan dalam negeri Qatar, Stark Motors, kendaraan tempur angkut personel ini mengambil basis dari kendaraan Toyota Land Cruiser 79 yang ditenagai dengan mesin diesel V8 berkapasitas 4,5 liter, yang mampu memberi daya 195 tenaga kuda.

BACA JUGA :  Kurdistan Suriah Kecam Oposisi Karena Pakai Senjata Kimia Terlarang

Kendaraan angkut personel ini dapat mengangkut 7 hingga 9 orang pasukan, jika ditambah driver atau pengemudi, maka total personel yang dapat ditempatkan di dalam kendaraan ini menjadi 8 hingga 10 orang personel. Pada bagian atas kendaraan tempur tersebut, telah dilengkapi dengan dudukan yang dapat dipasangi senapan mesin atau peluncur granat otomatis atau Automatic Grenade Launcher (AGL).

Hadirnya 24 unit kendaraan tempur angkut pasukan Storm APC ini akan semakin melengkapi armada kendaraan tempur yang dimiliki oleh Mali. Armada ranpur yang dimiliki oleh Angkatan Bersenjata Mali merupakan armada yang sangat bervariasi. Armada tersebut terdiri dari ranpur BTR-60 APC, ranpur intai BRDM-2, Arquus Bastion APC, serta ranpur Python dan Gladiator APC.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua