KRI Ki Hajar Dewantara 364
KRI Ki Hajar Dewantara 364

KRI Ki Hajar Dewantara (364), Kapal Perang Latih TNI AL Yang Akan Pensiun – HobbyMiliter.com. KRI Ki Hajar Dewantara (364) adalah kapal perang yang unik dalam jajaran Armada TNI Angkatan Laut. Penyebabnya, selain berperan sebagai kapal perang yang menjaga perairan Indonesia, kapal ini juga memiliki fungsi sebagai kapal latih tempur. Ciri khasnya, kapal ini mempunyai 2 anjungan.

Selain itu, kapal ini disebut satu-satunya karena tidak punya sister ship di TNI AL. Menurut pada Jane’s Fighting Ships 1983-1984, KRI Ki Hajar Dewantara (364) di dunia punya satu sister ship yaitu Ibn Khaldoum yang dioperasikan oleh AL Irak.

Baca juga :   KRI Bima Suci Resmi Diluncurkan
KRI Ki Hajar Dewantara 364
KRI Ki Hajar Dewantara 364

KRI Ki Hajar Dewantara (364) yang punya kode KDA-364 adalah kapal buatan galangan Uljanic Ship Yard, Yugoslavia tahun 1980. Dengan bobot 1.850 ton full load, KRI Ki Hajar Dewantara (364) bisa masuk sebagai Light Frigate atau Korvet. Sebagai kapal perang, kapal ini mempunyai persenjataan yang cukup mumpuni di jamannya.

Di antaranya, meriam Bofors kaliber 57 mm, senjata anti serangan udara kaliber 20 mm, empat buah rudal anti kapal MM38 Exocet serta dua buah peluncur torpedo SUT. Tidak ketinggalan di kapal ini juga terdapat helipad yang mampu didarati helikopter ringan sekelas NBO-105.

Baca juga :   Australia Sangkal Tuduhan Ingin Merekrut Personil TNI Sebagai Agen
KRI Ki Hajar Dewantara 364
KRI Ki Hajar Dewantara 364

Hanya saja, jika dilihat dari jenis senjatanya, KRI Ki Hajar Dewantara (364) tampak lemah dalam anti serangan udara. Yaitu hanya dipersenjatai kanon 20 mm manual di depan anjungan kapal serta meriam 57 mm. Namun, sebagai kapal pemukul anti permukaan, bolehlah berbangga. Dengan rudal Exocet dan torpedo, segala jenis kapal musuh bisa dilumat. (Klik dibawah untuk ke halaman berikut).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here