Thursday, April 18, 2024
HomeMiliterKisah MiliterFoto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an – HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun. Dimulai dari serangan Soviet pada Desember 1979 hingga bulan Februari 1989 ketika Soviet menarik mundur tentaranya dari tanah Afganistan.

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Gerilyawan Afghanistan yang lebih dikenal secara kolektif sebagai mujahidin, bersama kelompok perlawanan kecil kecil seperti gerilyawan Maoist dukungan China, berperang melawan tentara pendudukan Soviet dan tentara negara boneka Soviet Republik Demokratik Afghanistan yang dibentuk oleh Soviet begitu menguasai ibu kota.

BACA JUGA :  Anggota TNI yang LGBT akan Diberhentikan Secara Tidak Hormat
Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Kolom Kavaleri Soviet di pinggir kota Kabul.
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Kolom Kavaleri Soviet di pinggir kota Kabul.

Para mujahidin ini mendapatkan dukungan dari Arab Saudi, Pakistan dan Amerika Serikat. Bantuan dana, personel, pelatihan militer dan senjata kepada gerilyawan Mujahidin dari Amerika Serikat membuat perang ini menjadi perang proxy antara Amerika vs Soviet ditengah perang dingin berlangsung.

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Kolom Kavaleri Soviet di pinggir kota Kabul. Regu mortar Soviet di pegunungan Afghanistan.
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Regu mortar Soviet di pegunungan Afghanistan.

Diestimasikan oleh para ahli, sekitar 500.000 hingga 2.000.000 penduduk sipil menjadi korban perang ini, dan lebih dari jutaan menjadi pengungsi dinegara orang, terutama Pakistan dan Iran.

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Helikopter Mil Mi-8 jatuh di Afghanistan.
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Helikopter Mil Mi-8 jatuh di Afghanistan.

Perang ini bermula ketika Partai Komunis Afghanistan melakukan kudeta di tahun 1978. Setelah mengambil alih kekuasaan, Partai Komunis Afghanistan melakukan perombakan besar besaran secara radikal yang dipaksakan terhadap nyaris semua sendi kehidupan rakyat Afghanistan.

BACA JUGA :  Helikopter Mi-17 AL Garda Revolusioner Iran Mampu Tebarkan Ranjau Laut
Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. 2 tentara Uni Soviet ditangkap oleh gerilyawan Mujahidin.
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. 2 tentara Uni Soviet ditangkap oleh gerilyawan Mujahidin.

Hal ini mengakibatkan keresahan dan ketidakstabilan terutama di daerah pedesaan dan pedalaman yang masih menganut nilai nilai tradisional. Kekejaman rejim baru yang menekan oposisi dengan keras termasuk melakukan eksekusi massal terhadap ribuan tahanan politik, memunculkan banyak gerombolan bersenjata anti pemerintah, dan pada awal 1979, berubah menjadi pemberontakan bersenjata sekala besar.

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Mil Mi-8 menjadi kuda beban dalam mobilitas udara tentara Uni Soviet.
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Mil Mi-8 menjadi kuda beban dalam mobilitas udara tentara Uni Soviet.

Di dalam tubuh Partai Komunis Afghanistan sendiri juga terjadi pergolakan internal. Pada bulan September 1979 Presiden Afghanistan  Nur Mohammad Taraki, dibunuh atas perintah Wakil Presiden Hafizullah Amin, yang menjadikan Uni Soviet sebagai negara pelindungnya murka. Alhasil pemerintah Uni Soviet dibawah Leonid Brezhnev, memutuskan untuk mengirim pasukan ke Afghanistan pada 24 Desember 1979. Angkatan Darat ke 40 Uni Soviet tiba di Kabul, membunuh Presiden Hafizullah Amin dan menaikan Babrak Karmal sebagai Presiden Afghanistan yang baru.

BACA JUGA :  Kulkas Bawah Tanah Raksasa di Samara, Russia
Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Selain mesin perang, Uni Soviet sebenarnya juga mengirim alat alat pembangunan bagi Afghanistan.
Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an. Selain mesin perang, Uni Soviet sebenarnya juga mengirim alat alat pembangunan bagi Afghanistan.
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Marder Medium Tank RI dipamerkan pada Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : Rheinmetall Tampilkan Marder Medium Tank RI

0
HobbyMiliter.com - Pada acara pameran industri pertahanan Indo Defence 2016, perusahaan asal Jerman, Rheinmetall Landsysteme menampilkan kendaraan tempur berjenis medium tank atau tank tempur ukuran...

Recent Comments