AS Setujui Penjualan Helikopter Serang Ringan AH-6i Untuk Thailand. Ilustrasi Helikopter AH-6i.Sumber : Jane's

HobbyMiliter.com – AS Setujui Penjualan Helikopter Serang Ringan AH-6i Untuk Thailand. Pemerintah AS baru-baru ini dikabarkan telah menyetujui penjualan helikopter serang ringan untuk Thailand. Dilansir situs media informasi pertahanan dan keamanan internasional, IHS Jane, pemerintah Amerika Serikat menyetujui penjualan sebanyak 8 unit helikopter serang ringan AH-6i untuk Angkatan Bersenjata Thailand. Thailand, yang merupakan salah satu sekutu utama (Major Ally) Amerika Serikat diluar anggota NATO, akan menerima sebanyak 8 unit helikopter tempur dari jenis serang ringan tersebut dan juga akan menerima paket persenjataan, peralatan sensor elektro-optikal, serta peralatan suku cadang dan dukungan teknis lainnya.

Baca juga :   Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali

Meski tidak dijelaskan secara rinci mengenai dukungan teknis yang dimaksud, lembaga Defense Security Cooperation Agency atau biasa disingkat DSCA menyebut bahwa dalam kontrak penjualan yang telah disetujui oleh pemerintah Amerika tersebut, negeri Gajah Putih itu akan mendapat sebanyak 8 unit helikopter tempur jenis serang ringan AH-6i, 50 unit rudal AGM-114R Hellfire, 200 unit roket berpandu Advance Precision Kill Weapon System (APKWS), 10 unit Dillion M134 Mini Gun kaliber 7,62 milimeter, 4 unit GAU-19/B Mini Gun kaliber  12,7 milimeter, 500 unit roket Hydra kaliber 70 milimeter, 20 unit perangkat Night Vision Goggles atau NVG, 8 unit kamera elektro-optikal / infra merah WESCAM MX-10Di EO/IR, serta dukungan suku cadang dan dukungan teknis lainnya.

Baca juga :   Ditentang Baghdad, Turki Bersikeras Tempatkan Tentaranya di Irak

Dalam pengumuman resmi yang dirilis DSCA pada tanggal 24 September 2019 waktu setempat, pengajuan penjualan sebanyak 8 unit helikopter tempur jenis serang ringan AH-6i untuk Thailand dengan nilai pengajuan sebesar 400 Juta Dollar AS telah disetujui. Dengan disetujuinya pengajuan untuk penjualan sebanyak 8 unit helikopter tempur jenis serang ringan tersebut untuk Thailand, maka kini pemerintah dan militer Thailand dapat dengan tenang mempensiunkan armada helikopter serbu AH-1F Cobra yang dimilikinya. Tercatat Thailand mengoperasikan sebanyak 7 unit helikopter serbu AH-1F Cobra tersebut.

Baca juga :   Boeing dan Korean Air Ubah Helikopter Tua Militer Korsel Jadi Drone

Helikopter tempur jenis serang ringan AH-6i sendiri merupakan sebuah helikopter tempur dari jenis serang ringan yang dikembangkan dengan mengambil basis dari helikopter MH-6 Little Bird. Diproduksi oleh Boeing, dan melaksanakan penerbangan perdana pada tahun 2006, helikopter ini dapat bertindak sebagai helikopter pengawal konvoi kendaraan atau pasukan, dan dapat juga digunakan dalam misi-misi dukungan udara terbatas apabila pasukan kawan sedang terdesak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here