Saturday, February 24, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya – HobbyMiliter.com – Banyak pemberontakan terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya yang bakal dibahas di artikel ini adalah sejarah latar belakang pemberontakan PKI Madiun 1948.

Partai Komunis Indonesia atau disingkat PKI terbentuk sebagai akibat penandatanganan dan pengesahan perjanjian Renville yang sangat tidak menguntungkan Indonesia. 

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948

Peristiwa diawali dengan aksi saling culik menculik dan pembunuhan keji tanpa kejelasan siapa pihak yang pertama kali memulainya. Korban pun berjatuhan, mulai dari pemimpin agama, perwira TNI, perwira polisi, dan juga anggota ponpres di Madiun.

BACA JUGA :  Vietnam Peringkatkan Tiongkok Karena Melanggar Keamanan Penerbangan

Selanjutnya pada tanggal 10 September 1948, massa pengikut PKI di daerah Ngawi mencegat serta menghadang RM Suryo yang memakai mobil Gubernur Jawa Timur RM Ario Soerjo beserta 2 mobil pengawal polisi. Ketiganya dibunuh dan kemudian mayat mereka dibuang ke hutan.

Aksi penculikan dan pembunuhan keji pun terus berlanjut dan semakin banyak korban berjatuhan. Bahkan dari golongan kiri sendiri pun juga jatuh korban yang diculik serta dibunuh, yaitu dr. Muwardi. Alasan inilah yang menyebabkan ketidakjelasan pihak mana yang memulai aksi kekejaman ini hingga mereka saling menuduh satu sama lain.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pengobatan Massal Satgas Yonif Linud 503 Mayangkara.

Pengobatan Massal Satgas Yonif Linud 503 Mayangkara

0
Satgas Yonif Linud 503 Mayangkara kembali melaksanakan Pengobatan masal secara Gratis dengan mendatangkan Mobil sehat Mayangkara Ke Pos-pos di wilayah perbatasan RI-RDTL khususnya di...

Recent Comments