Friday, May 27, 2022
HomeAlutsistaRudalVympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU – HobbyMiliter.com – Sudah sejak 2003 Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK memperkuat angkatan udara kita. Banyak pilihan senjata bagi kedua varian pesawat tadi salah satunya rudal R-73 (AA-11 Archer).

Julukan “macan ompong” sudah pasti akan melekat jika sebuah jet tempur suatu negara tak dilengkapi senjata. Kenyataan yang menyakitkan tadi memang pernah terjadi pada empat jet tempur asal Rusia Flanker batch pertama yang hadir di bumi pertiwi ini. Maklum, urusan rudal dan bom waktu itu belum masuk dalam paket pembelian.

Tapi jangan keburu berburuk sangka. Sebab soal senjata bagi armada jet Sukhoi, ternyata akhirnya tetap dibeli di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono beserta tambahan pesawat yang akhirnya lengkap 1 Skadron dan beberapa set mesin cadangan.

BACA JUGA :  KRI Frans Kaisiepo 368 Dan KRI John Lie 358 Tiba Di Subic Bay Filipina

Salah satu tipe senjata yang akhirnya diakuisisi untuk kebutuhan Sukhoi TNI AU adalah rudal udara-udara jarak sedang R-77 (AA-12 Adder); rudal udara-permukaan Kh29; dan rudal udara-udara jarak pendek R-73 (AA-11 Archer).

Tipe terakhir yang disebutkan tadi tak lain merupakan padanan rudal AIM-9 Sidewinder, rudal udara-udara jarak pendek legendaris asal Amerika Serikat.

R-73 Tandingan Sidewinder

Soal kekondangan, jelas rudal R-73 belum bisa disandingkan dengan AIM-9 Sidewinder. Cuma jangan salah sangka. Ibarat pendekar yang lama bertapa menimba ilmu silat di gunung, R-73 sebenar-nya punya segudang jurus ampuh buat merobohkan lawan. Hanya saja selama perang dingin masih berlangsung, kesaktian itu tertutup kabut misteri.

Foto pak Reza Habibie ini memperlihatkan rudal R-73 dibawa oleh Flanker TNI AU
Foto pak Reza Habibie ini memperlihatkan rudal R-73 dibawa oleh Flanker TNI AU

Walaupun begitu, tercatat sudah ada beberapa pesawat yang menjadi korban rudal R-73 / AA-11 Archer ini. Pada tanggal 24 Februari 1996, AU Kuba yang men-scramble-kan MiG-28UB dan MiG-23 untuk mencegat 3 pesawat asing yang masuk ke wilayahnya.

BACA JUGA :  6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

MiG-29 AU Kuba tersebut akhirnya berhasil menembak jatuh 2 buah pesawat Cessna 337 SkyMaster milik LSM Brothers to The Rescue sedikit di wilayah udara internasional sedikit diluar wilayah Kuba. 3 pesawat tersebut pada awalnya sedang menyebarkan famlet diatas wilayah Kuba.

Aksi R-73 / AA-11 Archer lainnya terjadi sewaktu perang Ethiopia – Eritrea sekitar 1998-2000. 4 MiG-29 milik AU Eritrea berhasil di tembak jatuh oleh Sukhoi Su-27 AU Ethiopia dengan rudal R-73 ini dalam sebuah dogfight 2 Flanker melawan 4 Fulcrum.

Selain itu, MiG-29 AU Russia juga pernah mempergunakan R-73 untuk menembak drone Hermes 450 buatan Elbit Israel milik AU Georgia pada tanggal 18 Maret 2008.

BACA JUGA :  Pentagon: Pesawat AS Hampir Bertabrakan Dengan Jet Tempur Rusia di Suriah

Rudal R-73/AA-11 Archer ini dikembangkan oleh Biro Desain Vympel Machine Building asal Rusia. R-73 diperkirakan mulai operasional sekitar tahun 1984. Awalnya pihak Barat meragukan kemampuan rudal ini. Maklum saja, pendahulunya AA-2 Atoll dan AA-8 Aphid dianggap punya kemampuan payah. Kuncian rudal tadi bisa mudah dipatahkan dengan manuver ekstrem. Cukup berbelok mendadak maka sengatan Atoll bisa dihindari.

Sukhoi 27 TNI AU dengan R-73 Training Missile; Perhatikan 3 strip di rudal putih.
Sukhoi 27 TNI AU dengan R-73 Training Missile; Perhatikan 3 strip di rudal putih.

Namun rupanya Rusia diam-diam berpikir keras buat mengembangkan rudal udara-udara jarak pendek yang lebih mumpuni. Pihak Barat baru menyadari keampuhan hasil rekayasa ini ketika jerman Barat dan Timur bersatu. Sejumlah rudal R-73 eks AU Jerman Timur yang biasa dipasang pada sayap jet MiG-29 Fulcrum AU Jerman dibedah.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Sapta Marga TNI

Isi Teks Sapta Marga TNI

0
Sapta Marga Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila. Kami Patriot Indonesia, pendukung serta pembela Ideologi Negara yang bertanggung jawab dan tidak...

Recent Comments