Rudal R-73 TNI AU alias AA-11 Archer di pasang di ujung sayap Sukhoi.
Rudal R-73 TNI AU alias AA-11 Archer di pasang di ujung sayap Sukhoi.

HobbyMiliter.com – Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU. Sudah sejak 2003 Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK memperkuat angkatan udara kita. Banyak pilihan senjata bagi kedua varian pesawat tadi salah satunya rudal R-73 (AA-11 Archer).

Julukan “macan ompong” sudah pasti akan melekat jika sebuah jet tempur suatu negara tak dilengkapi senjata. Kenyataan yang menyakitkan tadi memang pernah terjadi pada empat jet tempur asal Rusia Flanker batch pertama yang hadir di bumi pertiwi ini. Maklum, urusan rudal dan bom waktu itu belum masuk dalam paket pembelian.

Baca juga :   Pameran Alutsista di Living World, Tangerang

Tapi jangan keburu berburuk sangka. Sebab soal senjata bagi armada jet Sukhoi, ternyata akhirnya tetap dibeli di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono beserta tambahan pesawat yang akhirnya lengkap 1 Skadron dan beberapa set mesin cadangan.

Salah satu tipe senjata yang akhirnya diakuisisi untuk kebutuhan Sukhoi TNI AU adalah rudal udara-udara jarak sedang R-77 (AA-12 Adder); rudal udara-permukaan Kh29; dan rudal udara-udara jarak pendek R-73 (AA-11 Archer).

Tipe terakhir yang disebutkan tadi tak lain merupakan padanan rudal AIM-9 Sidewinder, rudal udara-udara jarak pendek legendaris asal Amerika Serikat.

Baca juga :   Republik Ceko Pasok Kendaraan Jembatan Ponton Dan Panser Pandur II Untuk Indonesia

R-73 Tandingan Sidewinder

Soal kekondangan, jelas rudal R-73 belum bisa disandingkan dengan AIM-9 Sidewinder. Cuma jangan salah sangka. Ibarat pendekar yang lama bertapa menimba ilmu silat di gunung, R-73 sebenar-nya punya segudang jurus ampuh buat merobohkan lawan. Hanya saja selama perang dingin masih berlangsung, kesaktian itu tertutup kabut misteri.

lanjut halaman berikut
1
2
3
4
Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA