Thursday, October 29, 2020
Home Blog Militer Sejarah Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II?

Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II?

HobbyMiliter.com – Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II? Sebagian besar dari anda tentu sudah tahu mengenai Perang Dunia II, sebuah peperangan besar yang melibatkan berbagai negara pada medio tahun 1939 hingga tahun 1945. Ada dua kubu utama yang terlibat dalam perang yang berlangsung selama lebih kurang 6 tahun ini. Kubu pertama yakni kubu Poros atau Axis yang terdiri dari 3 negara, yaitu Jerman, Italia, dan Jepang. Kubu kedua yakni kubu Sekutu atau Allied yang terdiri dari 4 negara utama yaitu Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, dan China.

Perang Dunia II ini terjadi karena beberapa hal. Penyebab terjadinya Perang Dunia II secara spesifik terbagi menjadi dua yakni Sebab Umum dan Sebab Khusus. Kali ini, HobbyMiliter akan mengulas secara singkat mengenai Sebab Umum dan Sebab Khusus terjadinya Perang Dunia II.

Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II?
Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II? Ilustrasi Logo Liga Bangsa-Bangsa.
Sumber : wikipedia

Sebab Umum Perang Dunia II

Ada beberapa faktor yang secara umum mendasari terjadinya Perang Dunia II. Faktor – faktor ini kemudian digolongkan kedalam Sebab Umum Perang Dunia II. Sebab umum Perang Dunia II diantaranya sebagai berikut :

  1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia.
    LBB dipandang bukan lagi sebagai alat untuk mencapai tujuan bersama, namun malah menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak mampu berbuat apa-apa ketika negara besar berbuat sewenang-wenang. Sebagai contoh, LBB tidak dapat melakukan apa-apa ketika Italia melakukan serangan terhadap Etiopia di tahun 1935, dan ketika Jepang melakukan serangan terhadap wilayah Manchuria pada tahun 1937.
  2. Negara-negara besar dan maju berlomba memperkuat militer dan persenjataan.
    Dengan gagalnya LBB sebagai alat mencapai tujuan bersama, yakni perdamaian dunia, terjadi saling mencurigai antara sesama negara besar dan maju. Jerman dan Italia misalnya, yang mencurigai ideology Komunis Uni Soviet, sementara Uni Soviet juga mencurigai ideologi Fasisme yang berkembang pesat di Jerman dan Italia. Buntut dari saling mencurigai antar negara besar dan maju tersebut ialah perlombaan untuk memperkuat militer dan persenjataan diantara negara-negara besar tersebut.
  3. Adanya politik aliansi atau politik mencari kawan persekutuan.
    Akibat dari kekhawatiran akan meletusnya peperangan besar, maka negara-negara besar dan maju saling ber-aliansi dan mencari sekutunya masing-masing sehingga muncullah dua blok besar yaitu negara Blok Fasis terdiri dari Jerman, Italia, dan Jepang, lalu kemudian negara Blok Sekutu yang terdiri dari AS, Inggris, Perancis, Belanda, dan Uni Soviet.
  4. Munculnya pertentangan akibat konsep ekspansi wilayah.
    Blok Fasis secara berurutan mengumumkan konsep ekspansi wilayah yang dianggap menantang hegemoni imperialisme Inggris, Perancis, Belanda, dan Amerika Serikat. Konsep ekspansi tersebut yakni Lebensraum yang diumumkan oleh Jerman Nazi, Italia Irredenta yang diumumkan oleh Italia, serta konsep Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya yang diumumkan oleh Jepang.
  5. Adanya pertentangan antar pandangan ideologi antara paham Demokrasi, Komunisme, dan Fasisme.
  6. Munculnya ide politik balas dendam atau Revanche Idea dari Jerman terhadap Perancis karena Jerman merasa terhina dengan adanya Perjanjian Versailles yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I dan dibuat untuk membatasi pembangunan kekuatan militer Jerman.
BACA JUGA :  Foto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II?
Kapal Perang Milik Jerman “Schleswig-Holstein” Menembakkan Meriamnya Untuk Menghancurkan Pertahanan Pantai Polandia. Dipercaya Tembakan Inilah Yang Menandai Dimulainya Perang Besar ini.
Sumber : wikipedia

Sebab Khusus Perang Dunia II

Selain sederet faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Dunia II secara umum, terdapat pula beberapa faktor yang secara khusus telah menjadi penyebab terjadinya Perang Dunia II. Sebab khusus penyebab terjadinya Perang Dunia II antara lain :

  1. Invasi Jerman-Uni Soviet ke Polandia

Pada tanggal 1 September 1939, meriam kapal perang milik Kriegsmarine alias Angkatan Laut Jerman Nazi, menyalak dan menembaki benteng-benteng pertahanan milik Polandia di wilayah Danzig. Tembakan meriam kapal perang milik Jerman ini menandai dimulainya invasi ke wilayah Polandia oleh Jerman dan Uni Soviet. Jerman dan Uni Soviet kemudian berhasil menguasai wilayah Polandia pada tanggal 6 Oktober 1939. Sementara itu, sekutu – sekutu Polandia yakni Inggris, Perancis, Australia, dan Kanada langsung menyatakan perang terhadap Jerman segera setelah invasi atas wilayah Polandia tersebut dilakukan.

  1. Operasi Barbarossa, Upaya Jerman Menaklukkan Uni Soviet
BACA JUGA :  Kehebatan C4ISR Sebagai Sistem Pertahanan Indonesia

Setelah berhasil menguasai wilayah Polandia dan melakukan upaya Blitzkrieg atau Perang Kilat untuk menaklukkan wilayah Eropa Barat yang membuat mereka sukses menduduki wilayah Perancis dan Belanda, Jerman merasa yakin bahwa kemenangan sudah didepan mata. Adolf Hitler kemudian menganggap bahwa apabila Jerman melakukan invasi gerak cepat terhadap wilayah Uni Soviet, maka ia dapat menaklukkan Uni Soviet yang olehnya dianggap “tidak siap perang” dan sekaligus dapat memaksa Inggris untuk mengadakan perundingan perdamaian dan segera mengakhiri perang.

Sebuah operasi untuk menduduki wilayah Uni Soviet kemudian dirancang dan diberi nama Operasi Barbarossa. Dimulai pada tanggal 22 Juni 1941, operasi Barbarossa justru menjadi titik balik pada Perang Dunia II dimana untuk pertama kalinya kekuatan Jerman Nazi berhasil dipukul mundur oleh tentara merah Uni Soviet dan bahkan pada akhirnya justru membawa Jerman pada kekalahan nya pada Perang Dunia II. Operasi Barbarossa berakhir pada tanggal 5 Desember 1941 dengan kekalahan strategis Jerman terhadap Uni Soviet.

BACA JUGA :  Unik, Polisi Belanda Gunakan Burung Elang Untuk Memburu Drone Ilegal

Apa Sebab Umum Dan Sebab Khusus Perang Dunia II?
Sebuah Foto Yang Diambil Dari Pesawat Tempur Milik Jepang Yang Menyerang Pearl Harbour, Pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika Serikat.
Sumber : wikipedia

3. Serangan Jepang Terhadap Pearl Harbour

Di front asia-pasifik, Perang Dunia II disebabkan oleh terjadinya serangan terhadap pangkalan armada Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) di Pearl Harbour, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941. Pada waktu yang sama, kekuatan militer Jepang rupanya juga menyerang kedudukan pasukan Amerika, Inggris dan Belanda di Filipina, semenanjung Malaya, Singapura dan Hong Kong. Serangan oleh Jepang ini membuat Amerika Serikat dan Inggris menyatakan perang terhadap Jepang pada hari berikutnya.

Empat hari kemudian, Amerika Serikat memutuskan terjun kedalam Perang Front Eropa ketika pada tanggal 11 Desember 1941 Jerman dan Italia menyatakan perang terhadap Amerika Serikat. Meski baru menyatakan perang pada tanggal tersebut, sejatinya telah terjadi peperangan antara armada kapal perusak atau destroyer milik AL Amerika dengan armada kapal selam “U-Boat” milik Kriegsmarine Jerman pada perang Atlantik.

Armada kapal selam milik Kriegsmarine mengincar konvoi kapal dagang dari AS yang membawa suplai logistik untuk sekutunya, Inggris, sementara kapal – kapal perusak milik AL AS berusaha mendeteksi dan menghancurkan “U-Boat” milik AL Jerman sebagai upaya pengawalan dan perlindungan terhadap konvoi kapal dagang dari AS ke Inggris maupun sebaliknya.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai penyebab umum dan khusus terkait terjadinya Perang Dunia II. Perang merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi semua manusia, akan tetapi perang juga kadang harus ditempuh demi melindungi kepentingan negara serta keselamatan warga negara dan harga diri bangsa. Seperti pepatah lawas yang sering kita dengar…

All is fair in love and war…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet

Mengenal  Cakra Baskara Sistahanud jarak pendek Soviet-Hobbymiliter.com. Sebelum pandemi COVID menyerang. Indonesia termasuk getol menyelenggarakan pameran bertema pertahanan dengan Indodefence yang paling populer.  Selain...

Mengenal S-300PT & PS Varian Awal Dari S-300P.

Mengenal S-300PT & PS (SA-10 Grumble) Varian Awal Dari S-300P-Hobbymiliter.com. Belakangan ini nama sistem hanud S-300 mencuat kembali, utamanya pada konflik Nagorno-Karabakh dimana Azerbaijan...

Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak??

Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak?? - HobbyMiliter.com. Pada awal tahun ini kita menyaksikan muncul dan berkembangnya era baru yaitu perang secara aktif menggunakan...

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua