Friday, April 12, 2024
HomeMiliterAlutsistaMikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini – HobbyMiliter.com – Pada pertengahan era 70-an semakin nyata bagi Soviet bahwa pesawat tempur MiG-25 Foxhoundnya kurang memuaskan. Walaupun mesinnya luar biasa kuat untuk ngebut, tetapi MiG-25 kurang bisa bermanuver pada saat pencegatan dan juga sukar dikendalikan pada ketinggian rendah.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Jika dibuat mengejar SR-71, pesawat mata mata tercepat Amerika, kecepatan aman maksimal MiG-25 yang merupakan pesawat tempur tercepat di Uni Soviet saat itu, hanya sebatas Mach 2,8. Bisa sih dipaksa kerja keras hingga Mach 3,2 memang. Tapi setelah itu mesin tersebut harus pensiun.  Itu pun jika tidak rusak atau meledak lebih dulu di udara.

BACA JUGA :  Di Natuna Kormabar Temukan Alat Pengintai Bawah Laut

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Angkatan Udara Soviet tidak puas. Terlebih setelah pembelotan pilot Victor Balenko yang menerbangkan sebuah pesawat tempur MiG-25 ke Jepang dan meminta suaka politik di Amerika. Sudah dipastikan pesawat tempur tersebut sudah di dedel duwel oleh pakar pakar Amerika dan Jepang sebelum dikembalikan ke Uni Soviet dalam keadaan tercerai berai.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Maka pada tahun 70-an dimulailah pengembangan pesawat baru yang mengambil desain dasar MiG-25. Namanya MiG-31. Oleh NATO, diberi kode Foxhound. Pesawat tempur baru ini prototypenya terbang perdana pada tahun 16 September 1975. Desain luarnya mirip dengan MiG-25 dengan perbedaan ukurannya yang lebih besar dan airframe lebih kuat.

BACA JUGA :  Fakta Rudal Agni-IV Terbaru Milik India Yang Meresahkan Tiongkok

Berbeda dengan MiG-25 yang hanya memiliki 1 kokpit, pesawat ini memiliki 2 kokpit, satu untuk pilot dan satu untuk radar/weapon operator. Radarnya lebih baru dan canggih. Sudah bisa mode look up – look down – shoot down pada multiple target. Radius tempurnya pun meningkat, nyaris dua kali dari MiG-25 Foxbat. 

Setelah disetujui, maka pada 1979 mulailah pesawat MiG-31 Foxhound ini diproduksi massal. Jadi bisa dibilang, pengembangan dan produksi pesawat tempur MiG-31 Uni Soviet ini sejaman dengan pengembangan dan produksi pesawat tempur F-15, F-16 dan F/A-18 dari Amerika Serikat. Bisa dikatakan, pesawat tempur MiG-31 Uni Soviet ini termasuk dalam kategori pesawat tempur generasi ke 4.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

China Sebut Pesawat P-8 Poseidon AU Australia Diatas Laut China Selatan Sebagai Ancaman

China Sebut Pesawat P-8 Poseidon AU Australia Diatas Laut China Selatan...

0
Hobbymiliter.com - China Sebut Pesawat P-8 Poseidon AU Australia Diatas Laut China Selatan Sebagai Ancaman. Pemerintah China menyebut bahwa mereka telah mengingatkan dan mengidentifikasi...

Recent Comments