Sunday, August 9, 2020
Home Militer Alutsista Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini – HobbyMiliter.com – Pada pertengahan era 70-an semakin nyata bagi Soviet bahwa pesawat tempur MiG-25 Foxhoundnya kurang memuaskan. Walaupun mesinnya luar biasa kuat untuk ngebut, tetapi MiG-25 kurang bisa bermanuver pada saat pencegatan dan juga sukar dikendalikan pada ketinggian rendah.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Jika dibuat mengejar SR-71, pesawat mata mata tercepat Amerika, kecepatan aman maksimal MiG-25 yang merupakan pesawat tempur tercepat di Uni Soviet saat itu, hanya sebatas Mach 2,8. Bisa sih dipaksa kerja keras hingga Mach 3,2 memang. Tapi setelah itu mesin tersebut harus pensiun.  Itu pun jika tidak rusak atau meledak lebih dulu di udara.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Angkatan Udara Soviet tidak puas. Terlebih setelah pembelotan pilot Victor Balenko yang menerbangkan sebuah pesawat tempur MiG-25 ke Jepang dan meminta suaka politik di Amerika. Sudah dipastikan pesawat tempur tersebut sudah di dedel duwel oleh pakar pakar Amerika dan Jepang sebelum dikembalikan ke Uni Soviet dalam keadaan tercerai berai.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Maka pada tahun 70-an dimulailah pengembangan pesawat baru yang mengambil desain dasar MiG-25. Namanya MiG-31. Oleh NATO, diberi kode Foxhound. Pesawat tempur baru ini prototypenya terbang perdana pada tahun 16 September 1975. Desain luarnya mirip dengan MiG-25 dengan perbedaan ukurannya yang lebih besar dan airframe lebih kuat.

Berbeda dengan MiG-25 yang hanya memiliki 1 kokpit, pesawat ini memiliki 2 kokpit, satu untuk pilot dan satu untuk radar/weapon operator. Radarnya lebih baru dan canggih. Sudah bisa mode look up – look down – shoot down pada multiple target. Radius tempurnya pun meningkat, nyaris dua kali dari MiG-25 Foxbat. 

Setelah disetujui, maka pada 1979 mulailah pesawat MiG-31 Foxhound ini diproduksi massal. Jadi bisa dibilang, pengembangan dan produksi pesawat tempur MiG-31 Uni Soviet ini sejaman dengan pengembangan dan produksi pesawat tempur F-15, F-16 dan F/A-18 dari Amerika Serikat. Bisa dikatakan, pesawat tempur MiG-31 Uni Soviet ini termasuk dalam kategori pesawat tempur generasi ke 4.

BACA JUGA :  AS dan Inggris Kirim 1000 Pasukan  Ke Libya Untuk Lawan ISIS

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Seperti halnya pendahulunya, MiG-25 Foxhound, MiG-31 Foxbat diperlengkapi dengan 2 mesin dengan air intake besar di sisi kanan dan kirinya. Desain sayapnya menggunakan tipe shoulder-mounted wing dan dilengkapi dengan 2 sayap tegak di ekornya. Karena sistemnya yang kompleks, pesawat ini dioperasikan oleh 2 orang kru. Satu sebagai pengemudi pesawat, dan satu lagi sebagai operator radar dan senjata, konfigurasi yang sama dengan yang dianut oleh F-14 Tomcat asal Amerika.

wallpaper MiG-31 Foxhound-4

Sebagai pesawat drag-race, MiG-31 dibatasi hanya boleh melakukan manuver maksimum 5g pada saat kecepatan supersonik. MiG-31 didesain untuk terbang cepat menuju sasaran melakukan pencegatan dan menembak dari jarak Beyond Visual Range (BVR). Pesawat ini tidak didesain untuk bertarung dogfight ataupun melakukan manuver rapid turning (berbelok dengan sudut kecil).

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Pesawat tempur ini ditempatkan di area area yang memiliki pertahanan udara minimalis dan juga memiliki luas area yang harus dipertahankan sangat besar. Misalnya di lingkar artik dan di Siberia. Tugas utamanya adalah menyongsong datangnya bomber bomber Amerika dari jarak jauh, terbang mencegat, dan menembakkan rudal BVR dari jarak jauh ke gerombolan bomber tersebut.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Untuk melakukan tugas tersebut MiG-31 Foxhound dibekali dengan radar canggih pada masanya. Pesawat ini adalah pesawat operasional pertama di dunia yang menggunakan radar berteknologi PESA. Radar Zaslon S-800 yang terpasang dihidungnya, mampu mendeteksi pesawat tempur non stealth pada jarak 200 kilometer dari posisinya. Pada jarak tersebut komputer avioniknya mampu memisahkan 10 sasaran yang paling mengancam, men-track sasaran tersebut dan mengunci serta menembakkan rudal ke 4 sasaran terpilih dari 10 sasaran yang di track tadi.

BACA JUGA :  Kurdistan Berhasil Mencegah Serangan ISIS Di Dekat Mosul

Rudal yang digunakannya adalah rudal udara ke udara Vympel R-33 alias AA-9 Amos kalau menurut kode NATO-nya. Rudal udara ke udara berukuran bongsor ini bisa jadi setara dengan rudal AIM-54 Phoenix milik F-14 Tomcat US NAVY. Rudal ini pada saat baru muncul di awal 80-an dulu, spesifikasinya sudah mampu menghancurkan sasaran di jarak 120 kilometer. Versi terbaru hasil modifikasi dan upgrade, bahkan mampu menghancurkan sasaran diatas 250 Kilometer!

Varian terbaru dari MiG-31, MiG-31BM saat ini bahkan sudah mampu melakukan tracking pada 24 sasaran terpilih dan mengunci serta menembak 6 sasaran sekaligus dengan rudal R-33S dari jarak 200an Kilometer.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Total 500an unit MiG-31 sudah diproduksi dalam berbagai varian dari tahun 1979 hingga 1994. Pada saat Uni Soviet bubar, Kazakhstan yang memerdekakan diri mengambil alih beberapa puluh MiG-31 yang ditempatkan di wilayahnya. Sedangkan sisanya diambil menjadi inventori Angkatan Udara Rusia. Dengan pesawat pesawat inilah akhirnya Angkatan Udara Soviet nyaris bisa mencegat SR-71 yang melintas diatas wilayah negaranya.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Dari 450+ MiG-31  dari berbagai jenis yang dimiliki oleh Angkatan Udara Rusia, separuhnya sudah pensiun atau dipensiun dini-kan karena krisis finansial parah di era 90-an, dan separuh lagi dalam antrian modernisasi menjadi MiG-31BM. Diharapkan, pesawat pesawat yang diproduksi di tahun 80-an ini bisa digunakan sampai diatas tahun 2035++. Pesawat tempur ini akan pakai hingga pensiun di usia 50 tahun. Tentu saja, dengan masih menyandang predikat sebagai pesawat tempur tercepat Rusia.

BACA JUGA :  Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini
Kokpit MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Tercepat Rusia Saat Ini

Hingga kini, hanya dua negara yang mengoperasikan MiG-31 yaitu Rusia dan Kazakhstan. Pada tahun 2007 Suriah pernah ingin membeli pesawat tempur MiG-31 Foxhound bekas pakai dari Angkatan Udara Rusia, namun ditolak Rusia atas tekanan Israel. Nasibnya sama dengan S-300 yang dibeli Suriah di tahun 2010 namun tidak diantar atas tekanan Israel dan baru diantar di 2019 setelah insiden penembakan pesawat Rusia oleh rudal Suriah.

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Hingga kini, memang belum ada aksi kill yang dilakukan MiG-31 Foxhound dalam perang. Satu satunya aksi kill udara ke udara adalah friendly fire yang terjadi ketika sebuah MiG-31 menembak jatuh wingman nya di dalam sebuah latihan militer di wilayah Siberia, 26 April 2017. Kisah ini dikabarkan oleh media Rusia namun tidak dikomentari oleh militer Rusia.

Sedikit trivia. Pada tahun 1982 Clint Eastwood pernah membintangi film berjudul Firefox. Di film tersebut Clint Eastwood sebagai Mayor Mitchell Gant ditugaskan mencuri pesawat tercanggih Rusia pada saat itu, MiG-31 Firefox. MiG-31 Firefox, yang tentu saja pesawat rekaan yang dinamai dengan nama pesawat baru Soviet yang masih rahasia mempunyai spesifikasi yang aduhai. Berkecepatan 6 kali kecepatan suara, super stealth dan dikendalikan dengan pikiran plus punya rudal yang menghadap ke belakang. Pernah nonton?

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua