Yakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet. Prototype Pesawat Mata-Mata Yak-25RV Dengan Kode Angka "75" Yang Dicat Warna Kuning. Foto Ini Kemungkinan Telah Direproduksi Agar Dapat Ditampilkan Dengan Tampilan Warna.Sumber : Aircraft Wiki

HobbyMiliter.com – Yakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet. Berbicara tentang pesawat mata-mata pada era Perang Dingin tentu kita tidak akan lupa dengan sederet pesawat mata-mata yang dibangun oleh Amerika Serikat kala itu dengan tujuan untuk melakukan misi pengintaian dan misi penerbangan mata-mata diatas wilayah udara Uni Soviet.

Sebut saja duo legenda pesawat mata-mata asal AS yakni U-2 Dragon Lady dan SR-71 Blackbird. Mungkin beberapa diantara kita ada yang penasaran mengenai apakah Uni Soviet juga mengembangkan pesawat yang juga khusus dibuat untuk menjalankan misi pengintaian dan penerbangan mata-mata untuk mengumpulkan informasi dari wilayah udara NATO?

Baca juga :   Kapal Flotilla Bantuan Untuk Gaza Berlayar Dari Barcelona

Jawabannya adalah iya, Uni Soviet tercatat pernah secara masif mengembangkan dua unit pesawat mata-mata yang didesain untuk melaksanakan misi pengintaian serta penerbangan mata-mata diatas wilayah lawan. Kedua pesawat tersebut adalah Mikoyan Gurevich MiG-25RV dan Yakovlev Yak-25RV.

Pesawat yang terakhir disebut penulis inilah yang kali ini akan dibahas oleh penulis dalam artikel singkat kali ini. Sebuah pesawat mata-mata yang dikembangkan dari basis pesawat pencegat dan memiliki kemiripan tampilan fisik serta fungsi asasi dengan pesawat mata-mata asal AS sehingga beberapa kalangan menjuluki pesawat ini sebagai “U-2 nya Uni Soviet”.

Baca juga :   Serangan udara Russia menghancurkan Markas ISIL di Suriah

Dan pemirsa, berikut kisah singkat Yakovlev Yak-25RV, sang pesawat mata-mata dari Uni Soviet.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here