Saturday, April 27, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterBell V-22 Osprey PENERBAD Untuk Skadron Heli Angkut Berat TNI AD?

Bell V-22 Osprey PENERBAD Untuk Skadron Heli Angkut Berat TNI AD?

Di pasaran, ada beberapa helikopter angkut berat yang dipasarkan. Antara lain Mil Mi-26 asal Rusia, CH-47 Chinook, CH-54 Super Stallion dan V-22 Osprey. Khusus V-22 Osprey, sebenarnya pesawat ini bukanlah 100 persen masuk ke dalam kategori helikopter. V-22 Osprey adalah sebuah pesawat tilt-rotor. Pesawat tilt-rotor adalah sebuah jenis pesawat yang menggabungkan daya angkut, kecepatan dan jarak jangkau sebuah pesawat angkut normal dengan fungsionalitas lepas landas vertikalnya helikopter.

Bell baru baru ini mengeluarkan gambar V-22 Osprey dengan livery camo dan roundel TNI AD, lengkap dengan bendera merah putih di ekor pesawat. Hal ini menyiratkan bahwa Bell juga tertarik mengikuti tender (jika ada) pengadaan helikopter angkut berat Penerbad TNI AD.

BACA JUGA :  Ekspedisi Jala Citra-2 2022 Banda TNI AL Berangkatkan KRI Rigel 933

Jika nantinya terpilih, adanya alutsista V-22 Osprey di Penerbad TNI AD merupakan lompatan besar bagi kekuatan militer Indonesia. Dalam hal jarak jangkau misalnya, dari Lanudad Ahmad Yani Semarang, jika lepas landas vertikal dengan mode helikopter, V-22 Osprey bisa mengantarkan pasukan khusus  dalam operasi klandestin sejauh 800 kilometer, kira kira sampai di Sumbawa. Jika lepas landas dengan metode rolling take-off seperti pesawat angkut biasa, maka V-22 Osprey bisa menjangkau jauh sekali hingga wilayah Laut Natuna Utara. Bahkan bisa mencapai pesisir barat laut Australia.

BACA JUGA :  Vektor G12 20mm : PSU Milik KRI Clurit 641
Jarak Jangkau V-22 Osprey.
Jarak Jangkau V-22 Osprey. – Dhimas Afihandarin/Stealthflanker
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MBT Leopard 2RI TNI AD fire power demo

Foto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia...

0
Hobbymiliter - Foto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di Natuna. MBT Leopard 2 adalah tank tempur berat yang diproduksi...

Recent Comments