Wednesday, February 8, 2023
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa – HobbyMiliter.com -Tahukah Kamu, kalau Indonesia juga pernah punya kerajaan agraris yang subur makmur? Adalah kerajaan Mataram Kuno yang berada di Bumi Mataram, Jawa Tengah. Wilayah tersebut sangat subur sebab berada di tengah-tengah Gunung Sindoro, Lawu, Merbabu dan Pegunungan Sewu. Karena itulah seringkali disebut sebagai Kerajaan Medang.

Dalam kepemimpinannya, Mataram Kuno pernah berada di bawah kepemimpinan 3 wangsa atau dinasti. Ketiga dinasti itu adalah dinasti Syailendra, Sanjaya dan Isyana. Wangsa Sanjaya merupakan pengikut dari agama Hindu aliran Syiwa, sementara wangsa Syailendra adalah pengikut agama Budha, sedangkan wangsa Isyana termasuk dinasti baru yang didirikan oleh Mpu Sindok.

BACA JUGA :  Raja, Peninggalan Dan Sejarah Kerajaan Singasari

Pemimpin pertama kerajaan Mataram Kuno adalah raja Sanjaya yang memeluk agama Hindu. Kemudian digantikan oleh Rakai Panangkaran yang berpindah ke Budha dengan aliran Mahayana. Pada waktu tersebut, dinasti Isyana menjadi yang berkuasa. Meskipun demikian, agama Hindu dan Budha disana tumbuh dan berkembang bersama.

Sejarah Kerajaan Agraris, Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno ada di kawasan aliran Sungai Bogowonto, Elo, Progo dan Bengawan Solo, Jawa Tengah. Raja yang berkuasa bernama Sana. Setelah sang raja wafat, kepemimpinan jatuh ke keponakannya yang bernama Sanjaya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

98-kurdistan-suriah-kecam-senjata-kimia-oposisi

Kurdistan Suriah Kecam Oposisi Karena Pakai Senjata Kimia Terlarang

0
Hobbymiliter.com - Jurubicara Pasukan Perlindungan Rakyat Kurdistan (YPG) Suriah menuduh militan pihak oposisi sengaja menghancurkan pemukiman Sheikh Maqsood yang didiami banyak warga Kurdi dengan menggunakan...

Recent Comments