Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

Pada waktu yang sama pula, kepemimpinan Sri Maharaja Rakai Panangkaran di Jawa Tengah, berdiri dengan dinasti baru pemeluk agama Budha yaitu wangsa Syailendra. Rupanya, perkembangan wangsa tersebut menyingkirkan kedudukan dinasti Sanjaya yang beragama Hindu. Akan tetapi, keduanya tidak berpecah belah. Justru bergabung untuk memperkuat kekuasaan. Dimana Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya menikah dengan Putri Pramodhawarni dari dinasti Syailendra.

Selaku raja pertama di Mataram Kuno, raja Sanjaya beragama Hindu Syiwa yang sangat taat. Tapi setelah itu, beliau digantikan oleh sang putra bernama Rakai Panangkaran Dyah Sonkhara Sri Sanggaramadhanjaya.

BACA JUGA :  Kemenhan Rusia Terjunkan Mobil Angkut Senapan Mesin Berat Ke Suriah

Pada masa kepemimpinan raja Panangkaran, Mataram Kuno mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sang raja mampu menaklukkan wilayah lain seperti kerajaan Melayu di Semenanjung Malaya juga kerajaan Galuh yang berada di Jawa Barat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

94-sumber-dana-isis-dari-donasi-negara-teluk

Analis Inggris dan Irak: Sumber Dana ISIS Berasal Dari Sumbangan Negara...

1
Hobbymiliter.com - Penelitian yang dilakukan oleh pemerintah Inggris terhadap ketergantungan ISIS terhadap minyak sebagai sumber ekonomi, menyebut bahwa kelompok teroris tersebut sudah mengalami penurunan penjualan...

Recent Comments