Saturday, September 24, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan – HobbyMiliter.com – Tahukah Kamu, selepas Indonesia merdeka masih saja para penjajah mencoba untuk menghancurkan kemerdekaan? Berbagai perlawanan dari rakyat dilakukan guna mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah ditetapkan. Seperti contohnya dengan pertempuran Medan area. Merupakan perlawanan para pejuang di Medan Sumatera Utara dalam menghentikan upaya Belanda untuk kembali menjajah Indonesia.

Latar Belakang Terjadinya Perang Medan Area

Tidak jauh berbeda dengan pertempuran di kota lainnya pada masa revolusi, perang Medan area bermula dari pasukan Sekutu yang datang ke Medan Sumatera utara. Pasukan yang dipimpin oleh Brigadir T. E. D Kelly tiba di sana pada tanggal 9 Oktober 1945. Sekutu membawa Brigade 4 dari Divisi India yang ke-26. Brigade tersebut ditumbangi oleh orang-orang NICA atau Netherlands Indies Civil Administration yang secara diam-diam disiapkan untuk mengambil kekuasaan wilayah Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Indonesia Ingin Boyong Kapal Selam 636 Project Buatan Rusia

Indonesia Ingin Boyong Kapal Selam 636 Project Buatan Rusia

2
Hobbymiliter.com - Indonesia kemungkinan membeli kapal selam baru Rusia, Varshavyanka 636 Project atau Improved Kilo, demikian pernyataan yang diungkapkan oleh Deputy Chief of Mission...

Recent Comments