Kisah Misteri Hilangnya KC-135 USAF di Segitiga Bermuda – HobbyMiliter.com – Hari itu, Rabu, tanggal 28 Agustus 1963. Sebagimana tugas rutin lainnya, dua pesawat pengisi bahan bakar di udara KC-135 siap diminta terbang kemana saja. Dan, siang hari itu tanpa beban firasat apa-apa, keduanya melenggang begitu saja setelah mendapat perintah terbang ke arah Lautan Atlantik. Dengan 25.000 galon bahan bakar jet beroktan tinggi di perutnya, mereka ditugasi mengisi bahan bakar ke sejumlah pesawat militer AS di udara.

Misteri Hilangnya KC-135 USAF di Segitiga Bermuda
KC-135 mengisi F-4 Phantom II

Lepas landas dari pangkalannya di Lanud Homestead, Florida, dengan kecepatan jelajah 600 mil per jam, keduanya lalu mengejar target masing-masing ke lokasi yang telah ditentukan. Kontak radio terjadi ketika pilotnya melapor posisi pada 900 mil sebelah timur laut Miami, kira-kira tengah hari. Namun setelah itu kedua tanker seharga empat juta dollar (nilai waktu itu) ini seolah ditelan langit. Kedua pesawat dengan 11 awaknya tersebut tiba-tiba raib begitu saja.

BACA JUGA :  India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India

Setelah menara Lanud Homestead menunggu hingga batas waktu kedatangan (ETA) pada jam 14.00 waktu setempat keduanya tak muncul, notam bahwa keduanya hilang dalam tugas pun disebar. Satu-satunya jejak awal yang berhasil didapat adalah laporan dari pilot KC-135 lainnya yang telah lebih dulu mendarat. Pilotnya mengatakan bahwa mereka sempat berpapasan di udara sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Mereka lenyap begitu saja setelah mengisi tanki dua pembom jet B-47 milik AU AS di atas Atlantik.

Misteri Hilangnya KC-135 USAF di Segitiga Bermuda
2 buah KC-135

Mengantisipasi raibnya kedua stratotanker, pihak Lanud Homestead pun segera mengerahkan upaya pencarian. Sekitar 24 pesawat dikerahkan ke 900 mil sebelah timur laut Miami, lokasi dimana kontak terakhir itu terjadi. Tetapi hingga tengah malam tak sebuah pecahan dan benda yang mencurigakan ditemukan. Keesokan harinya, upaya pencarian kembali dikerahkan. Kali itu kekuatan dilipatgandakan, dan empat kapal pencari Pasukan Pengaman Pantai AS (US Coast Guard) ikut mendukung. Namun hasilnya tetap sama saja. Nihil.

BACA JUGA :  China Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9

Sesuai prosedur, untuk sementara upaya pencarian dihentikan dan laporan mengenai hilangnya kedua KC-135 pun disiarkan ke berbagai pihak. Termasuk ke berbagai media penerbitan dan siaran televisi.

Misteri Hilangnya KC-135 USAF di Segitiga Bermuda
KC-135 mengisi F-5 Tiger II

Di luar dugaan, dua hari setelah kejadian, sebuah pesawat milik AU AS tiba-tiba melihat jejak terhampar di laut masih di sekitar posisi yang dicurigai. Dan setelah dihampiri, ternyata di sana mereka menemukan helm pilot, life jacket, kartu navigasi, panel kokpit, dan peralatan lain yang diyakini sebagai ceceran KC-135 yang nahas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here