Wednesday, June 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaMengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville

Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville

Hobbymiliter.com – Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville. Sebagian besar dari masyarakat Indonesia tentu pernah mendengar tentang Perjanjian Renville. Di sekolah kita diajarkan bahwa perjanjian ini merupakan perjanjian yang menghasilkan gencatan senjata sementara antara para pejuang kemerdekaan NKRI yang kala itu sudah tergabung dalam TNI maupun laskar-laskar yang terbentuk diluar organisasi TNI masa itu dengan militer Belanda yang pada waktu itu melaksanakan apa yang kita kenal sebagai Agresi Militer Belanda I atau Operation Product jika mengacu pada penamaan dari pihak Belanda. Nah, di sekolah kita hanya sebatas mengetahui bahwa Perjanjian Renville dibuat dan ditandatangani diatas geladak kapal perang USS Renville yang merupakan kapal perang milik Amerika Serikat yang berlabuh di perairan Teluk Jakarta. Kali ini HobbyMiliter akan mencoba menghadirkan kepada anda seperti apa sih bentuk detail dari kapal perang ini dan apa saja kiprahnya selama beroperasi di jajaran armada Angkatan Laut Amerika Serikat.

BACA JUGA :  KRI Kelas Van Speijk

Sejarah Singkat Dan Proses Pembangunan USS Renville

USS Renville dibangun sebagai bagian dari armada kapal angkut serbu atau attack transport kelas Haskell yang mengisi peran kapal serbu amfibi atau amphibious assault ships di armada Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy. Kemampuan utama dari kapal-kapal kelas Haskell ini adalah kemampuan untuk melakukan pengangkutan sebanyak 1.500 orang pasukan militer Amerika Serikat lengkap dengan persenjataan dan peralatan tempurnya menuju ke area pantai yang diduduki lawan, untuk kemudian mendaratkan seluruh pasukan yang dibawa oleh kapal tersebut dibawah perlindungan dari tembakan meriam kapal-kapal perang yang menggempur posisi pertahanan pantai musuh. Kapal – kapal serbu amfibi kelas Haskell ini merupakan salah satu turunan desain dari kapal angkut kelas Victory yang dirancang oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia II.

BACA JUGA :  BAE Tawarkan Bantuan Pendanaan Jika Malaysia Beli Eurofighter Typhoon

USS Renville dibangun oleh galangan kapal Kaiser Shipbuilding di salah satu galangan kapalnya yang berlokasi di Vancouver, negara bagian Washington, Amerika Serikat. Mulai dibangun pada tanggal 19 Agustus 1944, kapal ini diluncurkan pada tanggal 25 Oktober 1944, dan diresmikan masuk layanan dinas US Navy pada tanggal 15 November 1944. Kapal ini dibangun dengan cepat karena ia termasuk dalam Emergency Shipbuilding Program, suatu program dimana Amerika Serikat membangun sebanyak mungkin kapal angkut dan kapal perang guna membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II baik di front Eropa maupun front Pasifik.

USS Renville menyandang nomor lambung APA-227 yang tertulis pada lambung kapal di bagian haluan dan buritan dengan tulisan PA-227.

BACA JUGA :  Laksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

Mendukung Invasi Amerika Ke Okinawa

Segera setelah diresmikan, pada bulan Januari 1945 USS Renville APA-227 yang dikomandani oleh Kapten William Warren Ball berlayar menuju Guadalcanal untuk kemudian pada bulan Maret 1945 mengangkut 1.620 orang personel militer Amerika Serikat yang siap tempur untuk melakukan invasi terhadap posisi kedudukan Jepang di pulau Okinawa. Pada tanggal 1 April 1945, perahu-perahu penyerang dari USS Renville APA-227 menurunkan personel siap tempur yang kemudian dibawa menuju area pendaratan pantai di pulau Okinawa, Jepang. Kemudian pada tanggal 5 April 1945, ia berlayar melalui Pulau Saipan dan Pearl Harbor untuk kemudian kembali ke San Fransisco. Hingga akhir Perang Dunia II, kiprah USS Renville APA-227 banyak diketahui dalam mengirimkan pasukan dan logistik perbekalan dari Amerika Serikat menuju kepulauan-kepulauan yang ada di Pasifik yang dikuasai oleh militer Amerika.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bercanda Gaya Akademi Militer

0
Bagaimana para kadet Akademi Militer Yogyakarta angkatan pertama membangun semangat korps lewat perilaku-perilaku lucu.Para kadet MA saat terjun dalam Perang Kemerdekaan (Dok. Moehkardi)Bercanda Gaya...

Recent Comments