Thursday, July 9, 2020
Home Alutsista Helikopter Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia

Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia

HobbyMiliter.com – Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Mendengar kata ‘Mi’ dalam jagad antusias militer, tentu perhatian kita akan tertuju pada deretan helikopter yang dibuat oleh perusahaan produsen helikopter Mil Moscow Helicopter Plant asal Russia. Yup, anda tidak salah lagi. Kali ini HobbyMiliter akan menghadirkan kepada anda seklumit kisah tentang salah satu produk helikopter dari perusahaan tersebut, Mil Mi-28 UB.

Sejarah Singkat Mi-28 UB

Mi-28 UB sejatinya merupakan salah satu varian dari keluarga helikopter tempur Mil Mi-28. Mil Mi-28 sendiri jika dirunut sejarahnya merupakan jenis helikopter serang darat anti tank yang dibangun oleh industri helikopter Mil Moscow Helicopter Plant. Mil Mi-28 pada era pengembangannya bersaing ketat dengan kompetitornya yakni Kamov Ka-50.

Sejarah lahirnya Mil Mi-28 dimulai ketika Uni Soviet pada tahun 1980 an mulai mengembangkan konsep helikopter tempur yang lebih dikhususkan untuk misi serang darat anti tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Berbeda dengan Mil Mi-24 yang telah berdinas di militer Uni Soviet, Mil Mi-28 dapat dikatakan nyaris tidak dibekali kemampuan untuk membawa personel dan cenderung didesain untuk secara spesifik melakukan pertempuran melawan unit-unit kendaraan lapis baja milik lawan.

Pada tanggal 10 November 1982, unit prototip pertama dari helikopter tempur Mil Mi-28 berhasil melaksanakan penerbangan perdana. Unit prototip kedua kemudian juga menyusul berhasil dibangun pada tahun 1983. Pada tahun 1984, Mil Mi-28 telah berhasil melalui tahap awal pengujian oleh calon penggunanya, dalam hal ini, Angkatan Udara Uni Soviet. Sayangnya, pada bulan Oktober 1984 AU Uni Soviet kemudian memilih Kamov Ka-50 untuk digunakan sebagai helikopter tempur anti tank standar AU Uni Soviet.

Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Sebuah Mi-28 UB Yang Tampak Belum Dipasangi Perangkat Radar (Belum Ada Kubah Radar Diatas Rotor Utama).
Sumber : airforce technology

Pengembangan Mi-28 tidak terhenti akibat dipilihnya helikopter buatan Kamov, namun demikian, prioritas dan anggaran yang diberikan tidak sebanyak pada tahap awal pengembangan. Pada tahun 1987 barulah produksi massal tahap awal bagi helikopter Mi-28 mulai dilakukan.

Meski demikian, Uni Soviet pada akhirnya cenderung memberi prioritas produksi kepada Kamov untuk membangun lebih banyak unit Kamov Ka-50. Ini dikarenakan varian awal prototip Mi-28 dan Mi-28A tidak dapat melakukan misi dalam kondisi cuaca yang buruk. Istilahnya, helikopter ini belum all-weather capable.

Kembali tertinggal oleh Kamov, Mil pun kembali melakukan penelitian dan pengembangan untuk helikopter tempur Mi-28 ini. Pengembangan ini kemudian memunculkan helikopter tempur Mil Mi-28 N yang tampil perdana pada tahun 1995. Unit prototip pertama dari Mi-28 N berhasil melaksanakan penerbangan perdana pada tanggal 14 November 1996.

BACA JUGA :  Vietnam Terima Kunjungan Kapal Perang Tiongkok Di Tengah Konflik

Abjad N dalam nama Mi-28 N berarti Night atau malam dalam bahasa Inggris. Mil Mi-28 N mampu menjawab tuntutan kebutuhan helikopter tempur modern yang dapat beroperasi di segala cuaca, memiliki kemampuan navigasi yang baik, sistem pembidik senjata yang modern, dan daya gempur yang cukup besar untuk ukuran sebuah helikopter tempur.

Dengan hadirnya Mi-28 N, pemerintah Russia pada tahun 2003 memutuskan untuk mengakuisisi dua jenis helikopter yakni Mil Mi-28 N dan Kamov Ka-50 sebagai helikopter serang darat standar AU Russia. Nah, Mil Mi-28 N inilah yang kemudian menjadi basis pengembangan Mil Mi-28 UB, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Jika Mil Mi-28 N adalah varian murni helikopter serang darat yang hanya digunakan untuk misi tempur, maka Mil Mi-28 UB adalah varian helikopter tempur latihnya. Abjad UB dalam penamaan Mil Mi-28 UB merupakan kependekan dari “U?ebno-Bojevoj yang berarti Latih dan Tempur dalam bahasa Russia.

Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Sebuah Mi-28 UB Saat Sedang Dalam Penerbangan. Perhatikan Bahwa Belum Ada Warna Kamuflase Yang Dicat Menandakan Bahwa Unit Ini Masih Merupakan Unit Produksi Pabrik Yang Belum Diserahkan Ke AU Russia.
Sumber : defense update

Keistimewaan Mil Mi-28 UB

Meski secara fisik terlihat sangat mirip bahkan sama persis dengan tampilan luar Mil Mi-28 N, varian UB memiliki beberapa keistimewaan yang tidak ada di varian Mil Mi-28 N. Ini dikarenakan varian UB merupakan varian helikopter tempur latih yang tugas utamanya adalah untuk melatih para calon pilot pengawak helikopter tempur Mil Mi-28 N. Sebagai helikopter tempur latih, varian UB didesain untuk dapat digunakan langsung untuk menjalankan misi tempur apabila dibutuhkan atau saat Russia dalam kondisi terdesak.

Ada beberapa keistimewaan Mil Mi-28 UB sebagai sebuah helikopter tempur latih. Pertama, Mil Mi-28 UB memiliki fitur kendali penerbangan ganda atau dual hydromechanical flight control yang dapat dioperasikan baik oleh siswa maupun instruktur penerbangan. Dengan fitur ini, memungkinkan instruktur mengambil alih kendali penerbangan helikopter apabila siswa melakukan kesalahan yang berakibat pada berubahnya pergerakan helikopter menjadi tidak stabil / tidak normal.

Kedua, varian UB memiliki fitur penyerap energi atau energy absorber pada kursi kru pengawak. Ini merupaka upaya untuk meningkatkan tingkat keselamatan kru pengawak apabila helikopter ini harus melakukan pendaratan darurat. Jadi, apabila helikopter tersebut harus melakukan pendaratan darurat, kemungkinan terjadinya korban fatal dari kru pengawak tidak terlalu tinggi.

BACA JUGA :  “Tentara Uni Eropa Belum Zamannya” – Kepala Urusan Luar Negeri UE

Ketiga, varian UB memiliki fitur keselamatan yang cukup unik. Selain dibekali dengan kursi yang mampu menyerap energi yang dihasilkan saat helikopter terhempas ke tanah, varian UB juga dibekali dengan sistem keselamatan dimana para pengawak dapat keluar dari helikopter menggunakan parasut apabila dibutuhkan dalam kondisi darurat. Pada bagian samping kiri pintu masuk kedalam area kokpit, tersimpan perangkat yang mirip dengan seluncur inflatable pada pesawat terbang.

Jika dalam kondisi darurat, perangkat ini dapat dikembangkan untuk menjadi pijakan terakhir pilot dan kru pengawak sebelum terjun menggunakan parasut. Fitur ini didesain untuk menyelamatkan kru pengawak apabila terjadi kerusakan atau malfungsi atau kecelakaan yang menyebabkan mereka harus keluar dari helikopter yang sedang terbang tinggi.

Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Kompartemen Khusus Bagi Personel Yang Terluka Dan Harus Segera Dievakuasi. Mi-28 Sanggup Membawa 3 Orang Personel Dalam Kompartemen Ini.
Sumber : reddit

Keempat, varian UB memiliki fitur Self Parking Button. Ya, anda tidak salah baca. Jika kita menekan tombol Self Parking pada kokpit, helikopter ini akan melakukan pendaratan secara otomatis tanpa adanya intervensi dari pilot pengawaknya. Tentu ini merupakan fitur yang “unik” karena tidak semua helikopter tempur di dunia dilengkapi dengan fitur ini.

Kelima, helikopter tempur latih ini juga memiliki tombol Level Button. Jika anda menekan tombol tersebut pada kokpit, dalam kondisi helikopter sedang miring ke kanan atau ke kiri, maka helikopter ini akan menyesuaikan ketinggian nya, meluruskan kembali posisinya, dan terbang di ketinggian dan kecepatan tertentu. Lagi-lagi, kita tidak perlu mengintervensi atau melakukan apapun, hanya dengan menekan satu tombol saja dan helikopter Mi-28 UB akan melakukan Levelling pada penerbangannya.

Nah, selain lima fitur tersebut, tahukah anda bahwa Mi-28 UB pada bagian Tail Boom dan bilah baling-baling nya dibangun dengan menggunakan bahan fiber komposit. Penggunaan fiber komposit ini, bertujuan untuk mengurangi bobot total helikopter. Menjadikannya mampu melakukan berbagai manuver dan dapat bergerak dalam kecepatan tinggi.

Seperti telah dijelaskan pada bagian sejarah dari helikopter ini bahwa keluarga heli tempur Mi-28 nyaris tidak dibekali kemampuan mengangkut personel, tidak seperti kakaknya, Mi-24 Hind. Mi-28 cenderung didesain untuk secara spesifik melakukan pertempuran melawan unit-unit kendaraan lapis baja milik lawan. Meski demikian, disediakan sebuah ruang khusus didalam badan helikopter untuk dapat menampung personel yang terluka dan harus segera dievakuasi. Ruangan ini cukup untuk menampung hingga 3 orang personel.

BACA JUGA :  P-3C Orion Angkatan Bersenjata Jerman

Helikopter Tempur Latih AU Russia
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Sebuah Mi-28 UB Produksi Pabrik Yang Masih Belum Diserahkan Ke AU Russia. Perhatikan Bahwa Bulatan Seperti Bakso Diatas Rotor Utama Itu Adalah Sistem Radar.

Spesifikasi Teknis Umum Mi-28 UB

Berikut adalah spesifikasi teknis umum untuk helikopter Mi-28 UB. Secara umum, karakteristik teknis dan spesifikasi teknis helikopter tempur latih ini memiliki banyak kesamaan dengan Mi-28 N.

Panjang : 17,01 meter (tidak termasuk rotor / bilah baling-baling)

Rentang sayap : 4,88 meter (sayap tempat menaruh pod senjata / tanki bahan bakar eksternal)

Tinggi : 3,82 meter

MTOW : 11,5 ton (bobot maksimal lepas landas)

Kec. Maksimal : 320 km/jam

Kec. Jelajah : 270 km/jam

Jarak jangkau : 435 km

Waktu tempur : 2 jam penuh

Ketinggian maksimal : 5.700 meter / 5,7 km

Ketinggian hovering : 3.600 meter / 3,6 km

Mesin : 2 unit VK-2500 Turbo-shaft dengan daya maksimal 5.400 horsepower

Meriam utama : Shipunov 2A42 kaliber 30 milimeter (250 butir amunisi)

Konfigurasi Hardpoint :

16 unit ATAKA-V ATGM dan 40 unit roket S-8

16 unit ATAKA-V ATGM dan 10 unit roket S-13

16 unit ATAKA-V ATGM dan 2 unit gun pod UPK-23-250 23mm (250 butir)

Sistem senjata lain, seperti rudal 9M123 Khrizantema dan 9K121 Vikhr

8 unit Sistem rudal anti serangan udara Igla-V, dan R-73 Vympel

2 unit Sistem senjata penebar ranjau KMGU-2

Penutup

Bagi penulis, secara pribadi Mil Mi-28 UB merupakan helikopter tempur latih yang cukup futuristik dan sangat lengkap dalam hal fitur keselamatan dan konfigurasi persenjataan. Selain itu, menurut penulis, keunggulan utama dari varian UB ini adalah dapat dengan mudah dioperasikan dan digunakan untuk menjalankan misi tempur yang sesungguhnya apabila dibutuhkan. Selain itu, banyak terobosan teknologi yang diterapkan pada helikopter ini. Penulis tidak kaget karena memang helikopter ini juga sekaligus berfungsi sebagai helikopter testbed bagi Russia yang memperoleh banyak pengalaman dan masukan dalam hal pengembangan dan perbaikan desain yang didasarkan pada pengalaman mengoperasikan Mi-28 N di konflik Suriah baru-baru ini.

Tak diragukan lagi, Mi-28 UB layak mendapat julukan sebagai helikopter tempur latih paling canggih di dunia, versi penulis tentunya, hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov - HobbyMiliter.com. Admiral Kuznetsov saat ini merupakan kapal induk satu satunya milik Rusia. Itupun sebetulnya dalam klasifikasi kapal Angkatan...

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa - HobbyMiliter.com. Dinamisnya pertempuran udara membuat payung udara yang mumpuni tidak bisa hanya mengandalkan eksistensi pesawat tempur...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua