Saturday, June 15, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPeninggalan Zaman Neolitikum

Peninggalan Zaman Neolitikum

Peninggalan Zaman Neolitikum – HobbyMiliter.com – Apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan Zaman Neolitikum? Apa saja peninggalan zaman Neolitikum yang bisa kita temukan saat ini? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dengan pembahasan ringkas dari kami tentang Zaman Neolitikum di bawah ini!

Apa Yang Dimaksud Zaman Neolitikum?

Zaman neolitikum merupakan salah satu zaman pra sejarah yang dimana orang di zaman ini mempunyai kebudayaan baru dan mulai terjadi evolusi. Zaman ini ada dimana belum terdapat sebuah kerajaan-kerajaan di Indonesia.

BACA JUGA :  Foto Foto Alutsista Buatan Rusia Yang Masih Jadi Andalan Negara NATO

Pada zaman ini terjadi perubahan perilaku manuasia, perubahan gaya hidup, perubahan mata pencaharian dan perubahan lainnya. Zaman ini masuk dalam zaman dimana manusia tidak mengenal huruf atau aksara. Yang terdapat pada zaman ini hanyalah peninggalan Neolitikum saja. Lalu apa saja peninggalan zaman neolitikum yang bisa kita ketahui sekarang?

Peninggalan Zaman Neolitikum

Zaman Neolitikum atau zaman batu muda merupakan salah satu zaman yang mengalami banyak transformasi pada manusia dari cara berperilaku pada zaman purba, manusia mulai banyak yang menetap di suatu tempat dan mulai mendapatkan perkerjaan baru.
Ada juga mulai pengenalan bahasa atau dikenalnya bahasa untuk digunakan sebagai alat berkomunikasi manusia satu dengan yang lainnya. Kemudian terdapat perubahan pada mata pencaharian atau pekerjaan seperti berkebun, bercocok tanam, berternak, membuat tembikar dan lainnya.

BACA JUGA :  Pengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Zaman Arkaekum

Dan pada pembahasan kali ini, kita akan membahas apa saja peninggalan zaman neolitikum yang bisa kita temukan sampai sekarang.

1. Kapak Lonjong
Peninggalan zaman neolitikum yang sampai saat ini bisa kita temukan di museum adalah Kapak Loncong. Kapak ini terbuat dari batuan nefrit yang dibuat dengan cara dihaluskan. Kapak lonjong ini menunjukan bahwa pada zaman ini terjadi kemajuan zaman.
Karena terdapat perbedaan bentuk dari jenis kapak lainnya di zaman sebelumnya seperti kapak genggam. Sesuai dengan namanya kapak lonjong memiliki bentuk lonjong dan hampir berbentuk oval. Kapak lonjong pernah ditemukan di Indonesia, Vietnam, Cina, Filipina dan negara asia lainnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MiG-21 Fishbed

Kisah Intelijen: Pembelotan Pilot MiG-21 Irak ke Israel

0
Kisah Intelijen: Pembelotan Pilot MiG-21 Irak ke Israel - HobbyMiliter.com. MiG-21 adalah pesawat fenomenal. Di tahun 60-an, pesawat ini dianggap masterpiecenya Soviet. MiG-21 hingga...

Recent Comments