Friday, April 26, 2024
HomeTiongkok Resmi Kembangkan Antonov 225 Milik Ukraina Sebagai Peluncur Antariksa

Tiongkok Resmi Kembangkan Antonov 225 Milik Ukraina Sebagai Peluncur Antariksa

Hobbymiliter.com – Ukraina mengatakan bahwa pihaknya akan menyuplai unit pesawat terbesar di dunia, Antonov 225 kepada Tiongkok dalam kurun lima tahun ke depan.

Pesawat AN-225 pertama kali dikembangkan untuk membantu program stasiun peluncuran antariksa milik Uni Soviet yang kemudian dihentikan total. Pesawat yang diberi nama Mriya (Mimpi) ini memiliki enam unit mesin yang dikembangkan oleh pabrikan Antonov pada dasawarsa 1980-an. Dari segi ukuran dan kapasitas angkut, pesawat ini adalah yang terbesar di dunia.

Awalnya Antonov bermarkas di Siberia. Namun tahun 1952, pihak Uni Soviet memindahkannya ke Kiev, lalu jatuh ke tangan Ukraina pasca bubarnya negara komunis tersebut di tahun 1991.

BACA JUGA :  Beginilah Asal Usul Kelahiran Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon

Pihak pabrikan Antonov dan Aviation Industry Corporation of China (AVIC) telah menandatangani nota kesepahaman pada 30 Agustus silam. Hal ini akan memungkinkan Tiongkok untuk merakit sendiri pesawat tersebut di negaranya dengan izin lisensi dari Antonov Ukraina.

Satu-satunya pesawat Antonov 225 Mriya yang masih aktif tercatat melakukan penerbangan kargo berskala besar dari Ceko menuju Australia pada Mei silam. Jet kedua hanya selesai sebagian dan tetap disimpan di Ukraina selama 28 tahun terakhir.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16C TNI AU sedang melakukan refueling dengan tanker USAF.

Foto Air to Air Refueling F-16C TNI AU

0
HobbyMiliter.com - F-16C Block 25 TNI AU menempuh perjalanan yang  panjang sejak berangkat dari Amerika dan mendarat di Indonesia. Untuk menambah jarak jangkaunya dalam...

Recent Comments