Tiongkok Resmi Kembangkan Antonov 225 Milik Ukraina Sebagai Peluncur Antariksa

0
1458
68-tiongkok-kembangkan-antonov-225
Antonov 225 mengangkut pesawat antariksa Buran milik Uni Soviet di tahun 1989. Sumber: Buran-Energia.com

Hobbymiliter.com – Ukraina mengatakan bahwa pihaknya akan menyuplai unit pesawat terbesar di dunia, Antonov 225 kepada Tiongkok dalam kurun lima tahun ke depan.

Pesawat AN-225 pertama kali dikembangkan untuk membantu program stasiun peluncuran antariksa milik Uni Soviet yang kemudian dihentikan total. Pesawat yang diberi nama Mriya (Mimpi) ini memiliki enam unit mesin yang dikembangkan oleh pabrikan Antonov pada dasawarsa 1980-an. Dari segi ukuran dan kapasitas angkut, pesawat ini adalah yang terbesar di dunia.

Awalnya Antonov bermarkas di Siberia. Namun tahun 1952, pihak Uni Soviet memindahkannya ke Kiev, lalu jatuh ke tangan Ukraina pasca bubarnya negara komunis tersebut di tahun 1991.

Pihak pabrikan Antonov dan Aviation Industry Corporation of China (AVIC) telah menandatangani nota kesepahaman pada 30 Agustus silam. Hal ini akan memungkinkan Tiongkok untuk merakit sendiri pesawat tersebut di negaranya dengan izin lisensi dari Antonov Ukraina.

Satu-satunya pesawat Antonov 225 Mriya yang masih aktif tercatat melakukan penerbangan kargo berskala besar dari Ceko menuju Australia pada Mei silam. Jet kedua hanya selesai sebagian dan tetap disimpan di Ukraina selama 28 tahun terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here