Saturday, June 15, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurAT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya – HobbyMiliter.com – AT-6 Wolverine lahir sebagai varian baru dari pesawat latih T-6 Texan. Beechcraft Defense AT-6 Wolverine jadi piiihan baru pesawat penyerang ringan dan pengintai.

Wolverine atau Culo gulo, di dunia hewan adalah sejenis binatang pemakan daging yang rakus dari keluarga Mustelidae. Hewan berkepala moncong, berbulu tebal, dan berkaki pendek yang banyak hidup di kawasan dingin Kanada, Amerika Utara, hingga Siberia, Rusia ini sering juga disebut beruang kecil. Binatang ini sebenarnya punya kekerabatan dekat dengan musang dan linsang. Wolverine merupakan hewan buas, mampu menjelajah jauh, dan tak akan segan-segan memangsa predator lain seperti serigala bahkan beruang bila sumber makanan mereka sudah langka.

BACA JUGA :  Duterte Ancam Coret Pakta Kerjasama Militer Filipina Dengan AS

“Wolverine kami pilih dari 100 nama yang diusulkan karyawan kami untuk AT-6,” ujar Russ Bartlett, Presiden Beechcraft Detense Company, dalam Paris Air Show, Juni 2015. “Kami ingin menggambarkan karakter AT-6 seperti binatang tersebut. Pesawat ini andal digunakan untuk misi pertahanan sekaligus penyerangan,” tambahnya. November 2015 Wolverine diperkenalkan perdana di Dubai Airshow.

AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya
AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

Di Pameran Kedirgantaraan Dubai 2015 tersebut, Bartlett menjabarkan lebih lanjut bahwa AT-6 telah berhasil menunjukkan performa terbaiknya dalam latihan Joint Terminal Attack Controllers NATO di Republik Ceko. Wolverine melaksanakan tujuh misi dan mendemonstrasikan 35 kali penembakan langsung dengan hasil akurat.

BACA JUGA :  Sistem Pemerintahan Indonesia Sejak 1945 Hingga Saat Ini

“Ini adalah misi penting pertama yang dilakukan Wolverine di tempat jauh dalam latihan siang dan malam sekaligus membuktikan kemampuan, ketangguhan, ketahanan, dan interoperabilitas AT-6 saat digunakan dalam skenario pertempuran besar sebagai Forward Air Controller (FAC),” urainya. Latihan dilaksanakan bersama 19 negara dengan 1.200 personel terlibat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

45-ekspor-senjata-tiongkok-meningkat-dua-kali-lipat

Kejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

0
Hobbymiliter.com - Sebagaimana angka investasi militer Tiongkok yang terus menanjak, ekspor senjata negeri tirai bambu pun semakin meningkat, dengan angka dua kali lipat dalam lima...
Harga sepucuk senapan serbu SS2

Harga Sepucuk Senapan Serbu

KRI 971 Tanjung Kambani

KRI Tanjung Kambani 971

Recent Comments