Wednesday, April 24, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurAT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

Burtlett melanjutkan, Wolverine dirancang sebagai pesawat kombatan multiperan. Selain sebagai pesawat penyerang dan pengintai, AT-6 dapat pula digunakan untuk latih, pengamanan pelabuhan, operasi anti narkotika, dan misi sipil seperti pengamatan bencana alam dan kebakaran hutan. Pesawat dilengkapi beragam perangkat modern mulai dari sensor, sistem avionek ber-arsitektur terbuka, hingga mesin terbaru Pratt and Whitney PT-6A-68D.

AT-6 dilengkapi komputer sistem misi seperti yang digunakan pada Lockheed Martin A-1OC Thunderbolt II, Hawker Beechcraft MC-12 Liberty, CMC Esterline Glass Cockpit 4000, plus L-3 WESCAM MX-15Di. Perangkat avionik di kokpit menampilkan data primer penerbangan, data mesin dan navigasi, flight management system, GPS, HUD (terintegrasi night vision goggle), MFD, dan panel kontrol. Sementara tongkat kemudi HOTAS (hands on throttle and stick) terdapat di kursi depan maupun belakang untuk pilot dan instruktur.

BACA JUGA :  Isi Teks Tugas Pokok TNI

UFCP (up-front control panel) di kokpit depan dan belakang menampilkan kontrol navigasi dan mode udara ke udara serta udara ke darat. Perangkat ini juga mendukung komunikasi radio serta program dan pemilihan senjata. Kemudian PFD {primary flight display) menampilkan data-data penerbangan seperti posisi pesawat, kecepatan, ketinggian, dan arah penerbangan.

TSD (tactical situation display) meningkatkan kewaspadaan situasi dengan menampilkan perencanaan bertingkat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan misi. MAP (moving map display) digital berwarna menampilkan keadaan pesawat terhadap situasi sekitar, serta EICAS (engine instrument and crew alerting system) menampilkan informasi sistem kendali pesawat serta keadaan mesin, propeler, hidrolik, bahan bakar, trim, flap, dan sebagainya.

BACA JUGA :  NATO Akan Tempatkan Pesawat E-3 AWACS di Timur Tengah Oktober Mendatang

Untuk komunikasi, AT-6 dilengkapi UHF/ VHF/ UHF-SATCOM, juga EPLARS (enhanced position location and reporting system), JTIDS (joint tactical information distribution system), dan SADL (situation awareness data link). Hal ini memungkinkan pilot berkomunikasi langsung baik dengan pangkalan, maupun dengan unit pasukan darat yang didukungnya, tanpa perlu harus direlay lagi.

AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya
AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

76-erdogan-nigeria-layak-meniru-pencegahan-teroris-ala-turki

Erdogan: Nigeria Patut Meniru Turki Dalam Mencegah Terorisme

0
Hobbymiliter.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merujuk pengalamannya dalam memerangi terorisme sebagai cara yang ideal untuk menghentikan krisis kemanusiaan di Nigeria setelah diserang bertubi-tubi...

Recent Comments