Friday, October 22, 2021
HomeBlog MiliterBerita MiliterF35B Marinir AS Akan Mulai Uji Coba Operasional Dari Kapal Induk JS...

F35B Marinir AS Akan Mulai Uji Coba Operasional Dari Kapal Induk JS Izumo Jepang

Hobbymiliter.com – Dikabarkan unit-unit pesawat jet tempur siluman F35B milik Korps Marinir Amerika Serikat (United States Marine Corps atau disingkat USMC) akan mulai beroperasi dari kapal induk JS Izumo milik Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (Japan Maritime Self Defense Force atau disingkat JMSDF) dalam minggu ini. Beroperasinya pesawat jet tempur siluman milik USMC dari atas dek kapal induk milik JMSDF ini merupakan bagian dari uji coba penerapan operasional jet tempur dengan kemampuan lepas landas pada landasan yang pendek dan mendarat secara vertikal (Short Take Off Vertical Landing atau disingkat STOVL) pada kapal induk JS Izumo milik JMSDF.

BACA JUGA :  Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas

Rencananya, uji coba operasional jet tempur siluman F35B milik USMC tersebut akan mulai dilakukan pada tanggal 3 hingga 7 Oktober 2021. Uji coba penerbangan operasional jet tempur siluman milik USMC dari atas kapal perang Jepang ini rencananya akan dilakukan di perairan Samudera Pasifik. Dengan dilakukannya kegiatan uji coba pengoperasian jet tempur siluman F35B milik USMC yang berkemampuan STOVL ini, juga menjadi momen bersejarah dimana untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II, pesawat sayap tetap atau Fixed Wing Aircraft mulai Kembali beroperasi (baca : lepas landas) dari atas dek kapal perang milik militer Jepang.

Dilakukannya kegiatan uji coba pengoperasian jet tempur siluman F35B dari atas dek kapal JS Izumo milik militer Jepang ini juga dimaksudkan sebagai upaya Jepang dalam rangka menguji kesiapan platform kapal perang pengangkut helikopter yang dimiliki nya untuk dapat mengoperasikan pesawat tempur sayap tetap. Dikabarkan sebelumnya, pemerintah Jepang sendiri telah mengupayakan akuisisi sebanyak 157 unit pesawat jet tempur siluman F35 Joint Strike Fighter atau dikenal juga dengan sebutan JSF. Sebanyak 42 unit diantaranya merupakan varian F35B yang memiliki kemampuan STOVL. Sementara sisanya merupakan F35A yang merupakan varian dari jet tempur siluman F35 yang berkemampuan CTOL atau Conventional Take Off and Landing.

Unit F35B dari skuadron jet tempur penyerang milik Korps Marinir Amerika Serikat 121 atau VMFA-121 “Green Knights” yang akan menjalankan tugas bersejarah kali ini. VMFA-121 sendiri merupakan unit skuadron tempur milik Korps Marinir AS yang ditempatkan di Marine Corps Air Station (MCAS) Iwakuni, Jepang sebagai salah satu bagian dari “kehadiran” pasukan AS di Jepang. Sebelumnya, unit-unit F35B milik Korps Marinir AS juga telah membantu beberapa negara dalam upaya pengujian dan penerapan konsep operasional pesawat jet tempur STOVL F35B dari atas kapal induk beberapa negara, diantaranya Inggris dengan HMS Queen Elizabeth nya, dan yang baru-baru ini dilakukan dengan kapal induk milik Italia, ITS Cavour.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua