Saturday, March 2, 2024
HomeMiliterAlutsistaRI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius

RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius

RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius
RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius. Zuiderkruis Setelah Dikonversi Menjadi Kapal Suplai Bekal Ulang Kapal Selam (Submarine Tender).
Sumber : netherlandsnavy

Dikonversi Menjadi Kapal Suplai Militer

Pada tahun 1938, pemerintah Belanda memutuskan untuk mengkonversi CS Zuiderkruis menjadi sebuah kapal suplai militer. Proses konversi dilakukan di Surabaya dan pada tahun 1939 kapal tersebut telah selesai menjalani proses konversi menjadi sebuah kapal suplai militer. Kemudian, kapal tersebut berpindah tugas dari sebelumnya menjadi bagian dari Angkatan Laut Pemerintah Kolonial Hindia Belanda menjadi bertugas dibawah Angkatan Laut Kerajaan Belanda langsung. CS Zuiderkruis kemudian menjadi kapal suplai untuk memenuhi kebutuhan armada Angkatan Laut Kerajaan Belanda, khususnya membantu proses re-suplai kapal selam milik AL Belanda. Zuiderkruis berubah dari yang sebelumnya merupakan kapal kabel yang mampu melakukan survey hidrografi kelautan, menjadi sebuah kapal depot suplai yang mampu melakukan bekal ulang pada armada kapal selam dan kapal perang serta pesawat terbang amfibi milik Angkatan Laut Kerajaan Belanda.

BACA JUGA :  Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Melarikan Diri Dari Jawa

Pada hari-hari pertama Pertempuran Laut Jawa, tepatnya pada tanggal 28 Februari 1942, Zuiderkruis berangkat dari Cilacap menuju ke Trincomalee, Sri Lanka untuk melarikan diri dari kejaran armada invasi Angkatan Laut Jepang. Setibanya di Trincomalee Zuiderkruis langsung bertugas membantu armada Timur Angkatan Laut Inggris (Royal Navy British Eastern Fleet).

Dalam penugasannya sebagai kapal suplai militer bersama armada Timur Angkatan Laut Inggris, Zuiderkruis lebih banyak menjalankan fungsi sebagai kapal angkut bahan bakar dan juga amunisi guna membantu bekal ulang kapal selam dan kapal perang milik Angkatan Laut Inggris yang bertugas di armada Timur. Zuiderkruis juga pernah membantu memberi pertolongan kepada awak kapal tanker milik Inggris bernama MT British Loyalty yang diserang pada tanggal 9 Maret 1944 oleh kapal selam midget milik Jepang.

BACA JUGA :  Jet Tempur F-16 USAF Cegat Bomber Dan Jet Tempur Russia Di Dekat Alaska

Kembali Ke Jawa

Setelah Perang Dunia II berakhir tepatnya pada bulan Oktober 1945, Zuiderkruis kembali ke wilayah penugasan awalnya di Hindia Belanda, yang telah memproklamirkan kemerdekaannya sebagai negara Indonesia. Di Jawa kapal ini kemudian diserahkan kembali ke organisasi Biro Otoritas Maritim Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang sebelumnya vakum karena Perang Dunia II. Pada tahun 1947 hingga 1948, kapal ini dikonversi kembali menjadi sebuah kapal survey hidrografi kelautan. Dalam masa dinasnya sebagai sebuah kapal survey hidrografi kelautan, Zuiderkruis hanya berdinas selama dua tahun untuk kemudian diserahkan ke pemerintah Indonesia pada tahun 1950 pasca bubarnya Republik Indonesia Serikat atau RIS.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Dassault Etendard

Dassault Etendard Dan Super Etendard Si Kembar Yang Berbeda

0
HobbyMiliter.com - Dassault Etendard Dan Super Etendard Si Kembar Yang Berbeda. Mendengar nama Dassault, tentu kita tidak asing dengan nama yang satu ini. Dassault adalah sebuah...

Recent Comments