Saturday, June 25, 2022
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Dan Biografi Ki Ageng Selo

Sejarah Dan Biografi Ki Ageng Selo

Sejarah Ki Ageng Selo – HobbyMiliter.com – Apakah kamu pernah mendengar nama Ki Ageng Selo yang terkenal dengan kisah legendanya menangkap petir? Jika kamu penasaran siapa sebenarnya Ki Ageng Selo dan bagaimana sejarah ki Ageng Selo yang terkenal dengan legenda menangkap petirnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang Ki Ageng Selo.

Siapa Ki Ageng Selo?

Ki Ageng Selo atau memiliki nama Kyai Ngabdurahman merupakan tokoh spiritual yang berasal dari Sela yang hidup pada masa Kerajaan demak. Beliau dikenal dengan kisah legendanya dengan memiliki kesaktian bisa menaklukan petir. Lalu bagaimana sejarah Ki Ageng Selo atau perjalanan hidupnya?

Sejarah Ki Ageng Selo

Ketika membahas tentang sejarah Ki Ageng Selo, kita akan membahas tentang perjalanan hidupnya. Ki Ageng Sela mempunyai nama kecil Bagus Songgom yang merupakan keturunan dari Ki Getas Pandawa. Beliau hidup pada masa kerajaan Demak atau tepatnya saat masa Sultan Trenggana berkuasa di awal abad ke 16.

BACA JUGA :  HMS Argyll Sukses Laksanakan Uji Tembak Rudal Sea Ceptor

Ki Ageng Selo saat ingin menjadi anggota prajurit tamtama dari Kerajaan Demak pernah ditolak. Karena saat ujian mengalahkan banteng, beliau memalingkan kepalanya saat pukulanya menyebabkan darah menyembur dari kepala banteng dan mengenai matanya.
Karena beliau memalingkan kepala, beliau dianggap tidak tahan melihat darah sehingga menyebabkan tidak bisa masuk menjadi prajurit tamtama. Dari peristiwa itu membuat Ki Ageng Selo merasa kecewa dan membuatnya memiliki cita-cita jika tidak dia yang bisa mencapai cita-citanya, maka anak keturunannya nanti diharapkan bisa menjadi pemimpin yang pemberani.

Sampai akhir hidupnya dia tidak bisa menggapai cita-citanya, tetapi cita-cita tersebut diwujudkan oleh cicitnya bernama Sutawijaya. Sutawijaya adalah pendiri Kerajaan Mataram Kedua atau bernama Kesultanan Mataram dan memerintah pada tahun 1587 sampai 1601 Masehi.

BACA JUGA :  Bupati Sintang Hibahkan 10 Hektare Tanah Untuk Skadron Serbu TNI

Ki Ageng Sela memiliki tempat tinggal di desa yang berada di sebelah Tawangharjo yang ada di Kabupaten Grobogan, yang dikenal dengan nama Desa Sela. Beliau memilih hidup sebagai petani dan lebih suka untuk memperdalam ilmu agama dan menjadikanya sebagai orang yang religius.

Nama Sela berasal dari adanya bukit atau gunung berapi yang menjadi sumber garam dan api abadi yang ada di wilayah Grobogan. Dan di daerah tersebutlah Ki Ageng Sela meninggal dan dimakamkan.

Asal Usul Ki Ageng Selo

Jika berbicara tentang asal usul dari ki Ageng Selo, Ki Ageng Selo menjadi seorang tokoh spiritual dan leluhur dari raja-raja dari Kesultanan Mataram yang berasal dari Jawa Tengah.
Ki Ageng Selo yang memiliki nama asli Ki Ageng Ngabdurahman Sela ini adalah keturunan dari Raja Brawijaya, yang merupakan raja terakhir dari Majapahit. Menurut kisahnya Brawijaya mempunyai seorang anak laki-laki bernama Bondan Kejawan. Dan Ki Ageng selo merupakan cucu dari Bondan Kejawan.

BACA JUGA :  Selundupkan Suku Cadang Jet Tempur Ke Iran, Jaksa Federal AS Tuntut Dua Warga California

Legenda Penangkap Petir Ki Ageng Selo

Karena semasa hidupnya menjadi seorang petani, sehingga Ki Ageng Selo lebih banyak menghabiskan waktu di sawah. Dan pada suatu ketika, Beliau sedang bekerja mencangkul di sawah dan langit sedang mendung. Kemudian tak lama kemudian hujan turun dan petir mulai menyambar.

Petani lainnya pada saat itu yang melihat cuaca buruk, bergegas untuk pulang karena takit. Tetapi Ki Ageng Selo tetap melanjutkan pekerjaannya. Saat Beliau sedang mencangkul tiba-tiba sebuah petir menyambarnya.

Yang ajaib petir tersebut berhasil ditangkap oleh Ki Ageng Selo dan petir tersebut memiliki wujud naga. Kemudian Ki Ageng Selo mengikatkan petir tersebut ke sebuah pohon yaitu Pohon Gandrik dan kemudian membawanya ke Sultan Demak.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Personel & Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir

Foto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir

7
Foto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir - HobbyMiliter.com. Baru baru ini Mesir merayakan peringatan hari Angkatan Pertahanan Udara Nasional (Air Defense Force Day)...

Recent Comments