Thursday, February 29, 2024
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Dan Biografi Ki Ageng Selo

Sejarah Dan Biografi Ki Ageng Selo

Sejarah Ki Ageng Selo – HobbyMiliter.com – Apakah kamu pernah mendengar nama Ki Ageng Selo yang terkenal dengan kisah legendanya menangkap petir? Jika kamu penasaran siapa sebenarnya Ki Ageng Selo dan bagaimana sejarah ki Ageng Selo yang terkenal dengan legenda menangkap petirnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang Ki Ageng Selo.

Siapa Ki Ageng Selo?

Ki Ageng Selo atau memiliki nama Kyai Ngabdurahman merupakan tokoh spiritual yang berasal dari Sela yang hidup pada masa Kerajaan demak. Beliau dikenal dengan kisah legendanya dengan memiliki kesaktian bisa menaklukan petir. Lalu bagaimana sejarah Ki Ageng Selo atau perjalanan hidupnya?

BACA JUGA :  Tiga Negara Asean Pesan Kapal Perang Buatan Indonesia

Sejarah Ki Ageng Selo

Ketika membahas tentang sejarah Ki Ageng Selo, kita akan membahas tentang perjalanan hidupnya. Ki Ageng Sela mempunyai nama kecil Bagus Songgom yang merupakan keturunan dari Ki Getas Pandawa. Beliau hidup pada masa kerajaan Demak atau tepatnya saat masa Sultan Trenggana berkuasa di awal abad ke 16.

Ki Ageng Selo saat ingin menjadi anggota prajurit tamtama dari Kerajaan Demak pernah ditolak. Karena saat ujian mengalahkan banteng, beliau memalingkan kepalanya saat pukulanya menyebabkan darah menyembur dari kepala banteng dan mengenai matanya.
Karena beliau memalingkan kepala, beliau dianggap tidak tahan melihat darah sehingga menyebabkan tidak bisa masuk menjadi prajurit tamtama. Dari peristiwa itu membuat Ki Ageng Selo merasa kecewa dan membuatnya memiliki cita-cita jika tidak dia yang bisa mencapai cita-citanya, maka anak keturunannya nanti diharapkan bisa menjadi pemimpin yang pemberani.

BACA JUGA :  Filipina Teken Kontrak Dengan Korsel Untuk Pembelian Dua Kapal Fregat

Sampai akhir hidupnya dia tidak bisa menggapai cita-citanya, tetapi cita-cita tersebut diwujudkan oleh cicitnya bernama Sutawijaya. Sutawijaya adalah pendiri Kerajaan Mataram Kedua atau bernama Kesultanan Mataram dan memerintah pada tahun 1587 sampai 1601 Masehi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mock Up Tank Boat pada Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

0
HobbyMiliter.com - Grup perusahaan yang terdiri dari tiga perusahaan, PT. Lundin, PT. PINDAD, dan CMI Defence menampilkan model skala 1:1 dari konsep Tank Boat pada...

Recent Comments