Wednesday, November 30, 2022
HomeSatuan MiliterTNIProfil Yontaifib Marinir: Pasukan Elit Marinir TNI AL

Profil Yontaifib Marinir: Pasukan Elit Marinir TNI AL

Profil Yontaifib Marinir: Pasukan Elit Marinir TNI AL – HobbyMiliter.com. Kelahiran Yontaifib Marinir berawal dari ide para petinggi KKO AL atau yang kini bernama Korps Marinir akan adanya satuan khusus berkualifikasi amphibious recon. Mereka ingin ada sebuah satuan khusus yang bisa dikirim untuk mengumpulkan data intelijen seputar kondisi aktual pantai yang akan menjadi sasaran operasi amfibi sebelum operasi pendaratan benar benar dilakukan.

Berkaca dari mahalnya operasi amfibi di luar negeri (dari sisi jumlah korban pasukan pendarat) dan pengalaman dalam Operasi Indra — operasi amfibi pertama KKO AL di pantai Indramayu kala menumpas DI/TII pada Maret 1953— maka kebutuhan akan adanya satuan Amphibious Recon ini memang terbilang mendesak.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

29-railgun-rusia-berhasil-diujicoba

Rusia Berhasil Ujicoba Railgun Elektromagnetik Pertamanya

0
Hobbymiliter.com - Kelompok peneliti Rusia berhasil mengujicoba railgun pertama di negaranya. Senjata ini mengandalkan daya elektromagnetik ketimbang daya ledak atau tekanan udara. Demikian dilaporkan...

Recent Comments