Saturday, April 10, 2021
Home Oman Segera Beli 400 Perangkat Rudal Anti Tank TOW 2

Oman Segera Beli 400 Perangkat Rudal Anti Tank TOW 2

Kesultanan Oman telah memesan lebih dari 400 perangkat rudal anti tank TOW 2 sebagai bagian dari program peningkatan kemampuan pertahanan darat mereka. Demikian disampaikan oleh Departemen Pertahanan AS.

Permintan ini telah disampaikan oleh Defense Security Cooperation Agency (DSCA) kepada pihak Dewan Perwakilan Daerah atau Kongres AS pada 7 Desember silam. Kontrak pembelian misil ini ditaksir mencapai 51 juta dollar atau sekitar 690 miliar rupiah.

6-oman-beli-400-unit-misil-tow-2
Demonstrasi Misil TOW 2. Sumber: army-technology.com

Permintaan perangkat yang tergolong ke dalam Major Defense Equipment (MDE) ini meliputi 400 unit rudal tube-launched, optically-tracked, wireless-guided atau yang disebut dengan TOW dengan kode 2B Aero.

BACA JUGA :  Kisah Hilangnya A-4 SkyHawk Angkatan Udara Malaysia di Amerika Serikat

Menurut pihak DSCA, penjualan yang sedang dicanangkan ini akan “memajukan upaya Oman untuk mengembangkan kemampuan pertahanan darat terintegrasi.”

“Oman akan menggunakan kemampuan perangkat ini untuk memperkuat pertahanan dalam negerinya dan memajukan kerjasama operasi dengan AS dan sekutu lainnya,” demikian pernyataan dari DSCA.

Pabrikan yang akan memproduksi kontrak unit misil pertahanan darat ini adalah Raytheon Missile Systems yang bermarkas di Tucson, Arizona.

Oman telah meningkatkan kemampuan pertahanan daratnya sejak koalisi Arab pimpinan Saudi melakukan operasi di Yaman. November silam, Oman dilaporkan tertarik untuk mendatangkan 80 unit tank Leopard dari pabrikan Jerman, Krauss-Maffei Wegmann. Kontraknya sendiri diperkirakan bernilai 2,2 miliar dollar atau sekitar 30 triliun rupiah.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua