leoprad 2RI 1

HobbyMiliter.com – Melirik Kesaktian Tank Leopard 2RI TNI AD. Jika dilihat dari Nampak luar, Leopard 2RI sudah terlihat berbeda jika dibandingkan dengan seniornya yaitu Leopard 2A4. Untuk Leopard 2A4 terlihat mengotak dihiasi garis-garis tajam, sedangkan Leopard 2RI nampak dinamis dilengkapi modul-modul AMAP yang menghiasi bagian hull dan kubahnya. Terungkap sudah misteri sosok Leopard 2RI yang banyak diperbicangkan oleh publik. Sekarang kita tahu bahwa tak semua paket upgrade Leopard Revolution diterapkan, hanya beberapa hal vital saja digunakan pada Leopard 2A4, menghasilkan Leopard 2RI.

Leopard 2RI memiliki lapisan perlindungan berupa blok komposit AMAP (Advanced Modular Armour Protection) produksi IBD (IngenierBüro Deisenroth)-Deisenroth. Menggunakan konsep perlindungan 360 derajat, artinya Leopard 2RI benar-benar dilindungi di semua sisi. Hal ini karena saat ini tank lebih banyak digunakan dalam kondisi urban, serangan roket dan rudal antitank bisa menyerang dari segala arah. IBD Deisenroth memproduksi pelindung pasif atau pelindung balistik yang sangat canggih.

Berat nanoceramic ini menurut standar proteksi NATO STANAG 4569 masuk dalam Level 3 atau 4/ AEP 55 Level 3. Lapisan AMAP dibuat dan ditata menyerupai blok AMAP-B (Ballistic) yang dipasang di side skirt, glacis, serta di seluruh sisis kubah termasuk pangkal larasnya. Blok-blok ini ditrancang menggunakan sistem engsel agar mudah untuk dibuka, dilepas, serta saat perawatan. Meskipun struktur dari panel AMAP terlihat kotak, sebenarnya tak ada isinya. Ruang kosong berfungsi untuk menyebarkan energi dan inti panas dari ledakan agar tidak menembus lapisan asli dari tank. Lampu depannya  tetap menggunakan bentuk aslinya yang bulat dan dipasang di bagian glacis, berbeda dengan lampu LED yang sudah ditanam di glacis pada paket revolution.

Di atas glacis juga dilengkapi dengan SAS (Situational Awareness System) yang terdiri dari kamera yang memiliki kemampuan night vision sehingga driver mampu melihat lebih jelas di kegelapan. Saktinya lagi, AMAP-B dipasang di bagian depan saja, tidak sampai ke belakang. Pada Leopard 2RI hanya dipasangi kit track cadangan di bagian kiri. Paket Revolution dilengkapi dengan slat armor atau pelindung untuk menghalau hantaman RPG-7, tetapi kemampuan ini tak terdapat pada Leopard 2A7. Di bagian kanan terdapat sebuah kotak yang kemungkinan adalah inlet dari APU (Auxiliary Power Unit), yaitu mesin diesel cadangan yang mampu memutar kubah. Leopard 2RI bisa beroperasi dengan diam-diam ketika mengintai target, dengan cara mematikan mesin utama lalu menggunakan APU yang memiliki suara lebih tenang. Dengan begitu heat signature Leopard 2RI akan turun drastis dan lawan tak mampu mendeteksi suara dari Leo 2RI. Pengembangan Leopard 2SG yang ditingkatkan ke standar Evolution oleh Krauss Maffei Wagmann tidak mempunyai fasilitas APU.

Baca juga :   Foto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di Natuna

Sistem persenjataannya tetap menggunakan meriam 120mm L44. Akan tetapu sistem turret drive diupgrade sepenuhnya menggunakan system elektrik, sehingga lebih aman, lebih stabil, dan lebih senyap. Leopard 2RI tak menggunakan system remote pada kubahnya. Begitru juga ROSY (Rapid Obscuring System) tak terpasang di Leopard 2RI. Sistem ROSY adalah gabungan terintegrasi antara InfraRed Jammer/ decoy dengan pelontar granat asap, yang mampu melontarkan granat asap secara otomatis jika dideteksi keberadaan rudal antitank atau ancaman lain disekitarnya.

Baca juga :   RX-550: Roket Balistik Buatan LAPAN

Leopard 2RI masih menggunakan sistem pelontar granat asap pada umumnya yang dipasang di bagian kiri dan kanan kubah belakang. Disamping itu Leopard 2RI juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang diletakkan di belakang bustle, dengan inlet udara dari sisi atas yang terlindungi oleh kawat baja.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here