Thursday, December 1, 2022
HomeBlog MiliterReferensiMakna Sumpah Pemuda: Dulu dan Masa Kini

Makna Sumpah Pemuda: Dulu dan Masa Kini

Makna Sumpah Pemuda: Dulu dan Masa Kini – HobbyMiliter.com – Makna Sumpah Pemuda yang ditetapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 haruslah diketahui masyarakat Indonesia terutama kalangan milenial zaman sekarang. Karena bagaimanapun juga Sumpah Pemuda yang dihasilkan lewat Kongres Pemuda II merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa dalam mengawali kesadaran berbangsa.

Ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan saat berlangsungnya Kongres Pemuda II yang dihadiri perwakilan kaum muda lintas suku, agama, serta daerah merupakan ikrar sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia karena 17 tahun kemudian, tepatnya 17 Agustus 1945 melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA :  Isi Teks Sapta Marga TNI

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda yang dihasilkan lewat prosesi panjang dari tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928 berisi tiga janji yang dirumuskan berdasar kesepakatan para peserta Kongres Pemuda II tersebut. Ketiga janji tersebut adalah kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia; kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan terakhir kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

24-rusia-bangun-stasiun-voronezh-radar-peringatan-dini

Voronezh, Stasiun Radar Peringatan Dini Termutakhir Rusia

0
Hobbymiliter.com - Awal bulan ini, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pada tahun 2016 pihaknya akan memperkenalkan tiga stasiun sistem radar peringatan dini yang diberi nama...

Recent Comments