Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Mr. J. H. Abendanon yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama dan Kerajinan Hindia Belanda kemudian mengumpulkan surat-surat yang pernah dikirimkan Kartini ke teman-temannya di Eropa dan membuatnya menjadi buku yang diberi judul Door Duisternis tot Licht yang berarti Dari Kegelapan Menuju Cahaya. Buku tersebut diterbitkan tahun 1911 dan dicetak sebanyak lima kali dengan tambahan surat Kartini di cetakan terakhir.

Kemudian Balai Pustaka di tahun 1922 menerbitkan buku kumpulan surat Kartini tersebut dalam bahasa Melayu dan diberi judul yang hingga kini dikenal, yaitu Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran yang merupakan terjemahan oleh Empat Saudara. Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Armijn Pane, sastrawan Pujangga Baru yang menerbitkan Habis Gelap Terbitlah Terang versinya di tahun 1938 dan membaginya menjadi lima bab pembahasan guna memperlihatkan perubahan cara pikir Kartini seiring waktu korespondensinya tersebut. Buku versi Armijn tersebut dicetak hingga sebelas kali.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

32-rusia-kembangkan-robot-tempur-berukuran-tas-ransel

Rusia Kembangkan Unit Robot Tempur Berukuran Tas Ransel

0
Hobbymiliter.com - Pabrikan senjata Rusia, KB Integrated Systems (KBIS) telah mengembangkan sebuah unit robot tempur yang memiliki ukuran muat ke dalam tas ransel. RS1A3 Mini Rex...

Recent Comments