Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Raden Mas Adipati merupakan patih yang diangkat menjadi bupati Jepara setelah kelahiran Kartini. Silsilah keluarga Raden Mas Adipati dapat dilacak sampai Hamengkubuwana VI di istana Kerajaan Majapahit dimana nenek moyangnya banyak mengisi berbagai posisi penting di Pangreh Praja sejak Pangeran Dangiran menjabat bupati Surabaya.

Peraturan kolonial Belanda saat itu mewajibkan bupati beristrikan bangsawan, karena itulah Raden Mas Adipati selaku seorang wedana di Mayong yang menikah dengan M. A. Ngasirah, ibu Kartini yang bukan berasal dari kalangan bangsawan, menikah kembali dengan Raden Ajeng Woerjan atau Moerjam yang merupakan keturunan langsung Raja Madura.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

12-erdogan-tangkap-kepala-penasehat-militer-turki

Kudeta Turki: Erdogan Tangkap Kepala Penasehatnya Sendiri

0
Hobbymiliter.com - Kepala penasehat militer Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kolonel Ali Yazici, telah ditahan karena diduga ikut menjadi dalang dalam percobaan kudeta yang...

Recent Comments